Pemerintah Sudah Siap Cabut PPKM

JagatBisnis.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) segera dicabut. Hal itu mengingat kondisi Covid-19 saat ini semakin terkendali.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku siap melaksanakan perintah Presiden Jokowi untuk mencabut PPKM.

“Kita tinggal menunggu perintah dari Bapak Presiden. Tapi secara persiapan Insya Allah sudah siap,” tegas Muhadjir di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga :   Jokowi Ajak Warga NU Manfaatkan Blockchain-Marketplace

Muhadjir mengatakan, secara de facto Indonesia sebetulnya sudah keluar dari pandemi Covid-19, meskipun untuk mencabut status pandemi Covid-19 harus menunggu WHO.

“Ini yang selalu saya katakan bahwa de facto kita ini sebetulnya sudah keluar dari pandemi. Kini, tinggal karena menunggu WHO untuk menetapkan kapan berakhirnya pandemi itu,” ucapnya.

Baca Juga :   Jokowi Harap Akses untuk Vaksinasi Dipermudah

Meskipun, kata Muhadjir, saat ini juga harus tetap waspada dengan adanya varian-varian baru yang terus muncul. Tentu saja tetap harus waspada karena ternyata varian-varian baru terus. Walaupun varian baru itu sudah terbukti tidak seganas dan tidak mematikan dari varian yang awal-awal.

Baca Juga :   Harga Pangan di Dunia Naik, Jokowi: Kita Jangan Tergantung Gandum-Jagung Impor

“Jadi sebetulnya praktek sehari-hari sudah kita lakukan. Jadi sebenarnya, sudah tidak ada PPKM. Untuk itu, saya mendukung,m arahan pak Presiden,” tutupnya. (*/esa)