Ini Panduan Naik KA dari Jakarta ke Bandung di Bawah Rp20 Ribu

JagatBisnis.com –  Bandung merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat, khususnya warga Jakarta. Selain jarak tempuhnya yang tidak terlalu jauh, di Kota Kembang juga terdapat banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi. Di Bandung, wisatawan bisa mengunjungi berbagai tempat wisata, mulai wisata edukasi hingga alam. Selain itu juga bisa menikmati sajian kuliner yang sangat beragam.

Ada beberapa cara untuk berkunjung ke Bandung. Bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Transportasi umum ini juga beragam, ada bus, travel, dan kereta api (KA).

Untuk transportasi KA, bisa memakan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam. Selama perjalanan, Anda bakal disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Namun banyak orang yang berpikir biaya kereta mahal. Padahal ada lho KA dari Jakarta menuju Bandung yang biayanya kurang dari Rp20 ribu. Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga rata-rata kereta Jakarta ke Bandung dengan kisaran harga Rp90 ribu hingga Rp125 ribu.

Baca Juga :   Musim Hujan 2021, Bahaya Ancam 243 Perlintasan Kereta Api

Untuk bisa sampai ke Bandung dengan KA murah, Anda dapat memanfaatkan KA lokal. Namun KA ini memiliki perbedaan dengan KA antarkota, yakni berhenti di setiap stasiun dan perjalanannya tergolong lebih lambat. Untuk naik KA dari Jakarta ke Bandung dengan harga yang murah, Anda bisa menyusun jadwal kaberangkatan KA lokal. Anda juga harus transit di dua kota, yaitu Bekasi dan Purwakarta terlebih dahulu.

Berikut cara ke Bandung dari Jakarta naik KA dengan biaya kurang dari Rp20 ribu.

Baca Juga :   Tahun 2021, Ada 40 Perlintasan Liar KA yang Ditutup Daop 1

1. Perjalanan pertama, Anda harus menggunakan KRL menuju Cikarang. Tarif ke Stasiun Cikarang adalah Rp5 ribu dengan waktu tempuh 1,5 jam. Pemesanan tiketnya bisa langsung ketika sampai di stasiun commuter line.

2. Perjalanan dilanjutkan dengan KA menuju Stasiun Purwakarta. Anda bisa naik KA lokal Walahar Expres, harganya hanya Rp5 ribu. Pilihan jadwal keberangkatannya adalah 05:45, 07:00, 11:20, 13:05, dan 18:45 WIB. Durasi perjalanan sekitar 1 jam 15 menit.

3. KA terakhir yang harus Anda naiki adalah KA Garut Cibatuan dari Stasiun Purwakarta langsung ke Stasiun Bandung. Harga tiket kereta ini adalah Rp8 ribu. Untuk keberangkatannya hanya ada pukul 04:10 dan 16:15 WIB, dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam 45 menit.

Baca Juga :   Tak Hanya Pesan Tiket, Semua Bisa Dilakukan di Aplikasi KAI Access

Dengan perjalanan yang cukup panjang, Anda membutuhkan waktu seharian untuk bisa sampai ke Bandung. Untuk itu Anda harus menyiapkan waktu lebih pagi, paling tidak pukul 09.09 WIB. Anda akan tiba di stasiun Cikarang pukul setengah 11 siang, menunggu 1 jam lagi agar bisa naik Walahar Expres ke Purwakarta.

Selanjutnya estimasi waktu Anda akan tiba di Stasiun Purwakarta sekitar pukul 12:45 WIB. Sembari menunggu keberangkatan selanjutnya pukul 16:15 WIB, Anda bisa berkeliling di daerah Purwakarta.

Total biaya yang dikeluarkan untuk membeli tiket kereta api dari Jakarta menuju Bandung adalah Rp18 ribu. Bagaimana, apa Anda tertarik untuk mencoba pengalaman baru ini? (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO