Chef Salt Bae Langgar Etika FIFA karena Pegang Trofi Piala Dunia

Chef Salt Bae Foto: Detikcom

JagatBisnis.com –  Dijuluki “Salt Bae”, Chef atau Kepala Chef Nusret Gokce dibanjiri kritik karena menyentuh bahkan mencium trofi Piala Dunia 2022 milik timnas Argentina.

Koki terkenal asal Turki tuai kecaman karena menyentuh piala keramat tersebut usai laga final Argentina vs Prancis di Lusail Stadium, Senin (19/12/2022) WIB. Padahal sesuai protokol FIFA, disebutkan bahwa hanya pemain-pemain yang menjuarai turnamen empat tahunan itu dan para kepala negara yang boleh menggenggam trofi Piala Dunia.

Orang Argentina sendiri tidak boleh memegang simbol supremasi tim sepak bola terbaik. Di sisi lain, Gokce yang tidak tergabung dalam skuad Argentina bisa memegang dan berswafoto dengan berbagai gaya, termasuk berpose bersama winger Angelo Di Maria.

Sebagian besar penonton mempertanyakan alasan keberadaan Gokce di sela-sela perayaan gelar tim Argentina itu. Pasalnya, koki asal Turki itu tidak ada hubungannya dengan Lionel Messi cs.

“Mereka bekerja keras untuk memperebutkan trofi. Anda tidak boleh sembarangan menyentuhnya!” tulis seorang warganet.

“Anda tidak bisa menyentuh piala kecuali Anda adalah pemain tim juara dunia,” kata warganet asal Argentina itu.

Salt Bae bukan satu-satunya selebritas yang melanggar tradisi dengan memegang trofi Piala Dunia secara berani.

Pada 2014, penyanyi Rihanna melakukan hal yang sama. Rihanna melanggar aturan saat menyentuh trofi saat pesta kemenangan Jerman. Ia pun mengunggah selfie yang kemudian menuai kritik. Trofi yang jadi lambang supremasi tertinggi sepakbola sejagat raya itu sendiri berlapis emas 18 karat yang bernilai Rp 311 miliar. Ini adalah salah satu penghargaan tertinggi di dunia. (tia)

MIXADVERT JASAPRO