Kemendagri Supervisi Penerbitan 1.776 Dokumen Kependudukan Korban Gempa Cianjur

JagatBisnis.com –  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan supervisi penerbitan 1.776 dokumen kependudukan korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Langkah ini untuk mempercepat korban gempa mendapatkan dokumen kependudukan yang hilang.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, tak lama setelah peristiwan gempa Cianjur, pihaknya mengirimkan dua Tim Satgas Dukcapil Kemendagri Peduli Cianjur secara estafet. Masing-masing tim berkekuatan 10 personel dan dibekali peralatan lengkap antara lain mobile enrollment, alat cetak, dan blanko KTP.

“Tim ini kemudian bergabung dengan Dinas Dukcapil Cianjur dalam menjalankan tugasnya. Langsung saja terbitkan Kartu Keluarga (KK) bagi semua rumah yang hancur untuk bahan pendataan,” kata Zudan dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga :   Batasi ASN dan Keluarga Pergi ke Luar Negeri, Mendagri Terbitkan SE

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Dukcapil Kemendagri Hani Syopiar Rustam menambahkan, hasil monitoring dan evaluasi, keberadaan Tim Satgas Dukcapil Peduli Cianjur diapresiasi oleh berbagai pihak. Karena dokumen kependudukan yang diterbitkan membantu masyarakat korban gempa untuk mendapatkan bantuan secara akurat dan cepat.

Baca Juga :   Diduga Punya KTP Ganda, Jaksa Agung Dilaporkan ke Kemendagri

“Kades mengucapkan terima kasih karena 11 warganya meninggal telah diterbitkan akta kematian, juga atas update KK dan KTP-el warga yang hilang tertimbun tanah/bangunan diberi ganti KTP-el baru. Maka, output layanan dokumen Dukcapil dalam penugasan Tim I dan Tim II selama 9 hari, total sebanyak 1.776 dokumen Dukcapil,” pungkas Hani. (*/eva)