151 Korban Cianjur Masih Dinyatakan Hilang

JagatBisnis.com –  Tim SAR gabungan masih terus mencari keberadaan 151 orang yang dinyatakan hilang usai gempa 5,6 magnitudo di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) lalu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Jumaril mengatakan sedikitnya 796 petugas gabungan disebar ke 12 kecamatan di Cianjur yang terdampak gempa sekaligus mendata kebutuhan serta menyalurkan bantuan untuk korban.

“Upaya pencarian dilakukan oleh dua tim, yakni Tim Potensi SAR dan Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas,” katanya, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga :   BMKG Sebut Ada 90 Gempa Susulan di Cianjur

Menurutnya, jika menemukan titik atau dugaan dibutuhkan bantuan pencarian dan pertolongan, Tim Potensi SAR segera menginformasikan koordinat kepada Pos SAR Gabungan.

Sedangkan Tim Basarnas, fokus melakukan upaya pencarian dan pertolongan di Kampung Cugenang, Kampung Rawa Cina di Desa Nagrak, Kampung Salakawung di Desa Sarampat, dan sekitar Warung Sate Sinta.

“Rencana evakuasi, jika korban ditemukan akan dibawa ke RSUD Cianjur menggunakan ambulans,” jelasnya.

Dia mengatakan bahwa petugas SAR juga akan mengirim barang-barang bantuan untuk pengungsi menggunakan helikopter.

Baca Juga :   Puluhan Dokter Ortopedi Diberangkatkan ke Lokasi Gempa Cianjur

“Selain rencana pencarian, agenda khusus hari ini yaitu rencana droping logistik untuk pengungsi di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, menggunakan helikopter BO-105 Basarnas,” katanya.

Jumaril mengatakan bahwa hingga saat ini gempa yang terjadi di Cianjur tercatat telah menyebabkan 268 orang meninggal dan sebanyak 122 jenazah korban gempa sudah diidentifikasi.

Sedangkan 1.083 orang mengalami luka-luka dan 58.362 orang mengungsi di Kabupaten Cianjur. Gempa juga mengakibatkan kerusakan rumah dan bangunan fasilitas umum.

Baca Juga :   Korban Gempa Cianjur: 162 Orang Tewas dan 13.784 Mengungsi

Sebelumnya, gempa mengguncang wilayah Cianjur di kedalaman 10 kilometer dengan titik koordinat 6.84 Lintang Selatan (LS)-107.05 Bujur Timur (BT) dan 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Kamis (21/11/2022) pukul 13.21 WIB.

Sejumlah wilayah sekitar pun ikut merasakan gempa di antaranya Garut, Sukabumi, Cimahi, Lembang, Kota Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah, Rancaekek, Tangerang Selatan, Depok, serta DKI Jakarta. (tia)

MIXADVERT JASAPRO