Puluhan Dokter Ortopedi Diberangkatkan ke Lokasi Gempa Cianjur

JagatBisnis.com –  Puluhan dokter ortopedi diberangkatkan ke Cianjur, Jawa Barat untuk membantu penanganan korban gempa. Selain itu, para dokter juga akan bertugas mengidentifikasi pasien, pendataan kasus-kasus yang terjadi, alur dan mekanisme pendistribusian pasien.

Presiden Perhimpunan Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) Ismail HD mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ketua PABOI Jawa Barat Dicky Mulyadi untuk penanganan korban gempa Cianjur. Hasil koordinasi PABOI mengirim Dr Yogi Prabowo SpOT (K) sebagai koordinator Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) PABOI untuk terjun langsung ke daerah terdampak.

“Kami akan melakukan first health assessment di bidang ortopedi untuk penanganan awal korban bencana,” ujar Ismail HD, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga :   25 Kali Gempa Guncang Cianjur Berkekuatan 4 Magnitudo

Menurutnya, Pengurus Pusat PABOI bekerja sama dengan PABOI Jawa Barat akan mulai mendata kebutuhan logistik, pendataan rumah sakit terdekat dan layak dijadikan sebagai tempat rujukan untuk melakukan tindakan operasi pada kasus ortopedi.

Baca Juga :   Gempa Cianjur, BMKG: Gempa Bumi Dangkal yang Memicu Pergerakan

“Kami juga menyiapkan dan mendata dokter bedah tulang untuk membantu melakukan pembedahan untuk korban bencana,” ujarnya.

Ismail mengungkapkan, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), BNPB, Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, dan instansi-instansi lain yang terkait di dalam pelayanan dan bantuan untuk korban bencana gempa Cianjur.

Baca Juga :   Gempa Cianjur Guncang Jakarta, Terasa Sangat Kuat

“Hingga saat ini sudah ada puluhan dokter ortopedi hadir di beberapa rumah sakit sekitar Cianjur. Di antaranya di Rumah Sakit (RS) Sayang, RS Bayangkara, dan RS Cimacan. Sebanyak 11 korban luka patah tulang yang dievakuasi ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung,” bebernya. (*/esa)