5 Tanda Sistem Imun Tubuhmu sedang Menurun

JagatBisnis.com –   Imun sistem dalam tubuh bertugas menjaga tubuh dari adanya infeksi. Jika kita mengalami masalah dan penurunan imun, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Karenanya, menjaga daya tahan tubuh tetap kuat adalah sebuah keharusan.

Tema ini diambil untuk memotivasi setiap orang menjaga kesehatan, termasuk menjaga sistem imun. Alasannya, tubuh sering kali tampak sehat dari luar, tapi sebetulnya daya tahan tubuh lemah dan punya risiko besar terserang penyakit. Karenanya, setiap orang perlu tetap awas, berikut tanda-tanda daya tahan tubuh menurun!

1. Mudah flu

Flu umum dialami oleh orang dewasa sebanyak tiga episode (biasanya dalam 7 hingga 10 hari). Namun saat kondisi tidak sehat dan daya tubuh menurun, flu sering jadi salah satu tanda. Penyebabnya, tubuh mungkin telah mendapat serangan dari virus atau infeksi dalam tubuh. Jika Anda mudah mengalami flu dan bertahan dalam jangka waktu yang lama, cobalah segera mengonsumsi vitamin atau berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga :   Konsumsi 5 Suplemen Ini Baik untuk Kekebalan Tubuh

2. Cepat merasa lelah

Merasa lelah setelah berkegiatan sepanjang hari adalah hal normal. Namun, tidak normal jika Anda terlalu mudah atau terus menerus merasa lelah, meski sudah istirahat cukup dan berkualitas.
Hal ini bisa jadi salah satu tanda dari melemahnya sistem imun tubuh. Kadang daya tahan tubuh menurun bisa menyebabkan fatigue bahkan kadang diiringi dengan rasa nyeri pada sendi dan sakit di beberapa otot tubuh.

Baca Juga :   Benarkah Efek Samping Minum Air Hangat Bisa Memperburuk Ginjal?

3. Luka sulit sembuh

Saat melakukan berbagai kegiatan, tubuh biasanya punya risiko untuk mendapat goresan, terbakar, atau mengalami luka. Umumnya, luka di tubuh bisa sembuh dan kering dalam 3 hingga 5 hari. Tapi jika sistem imun tubuh melemah, proses penyembuhannya bisa memakan waktu yang cukup lama.

Ya, pasalnya sistem imun punya kaitan dengan proses reepitelisasi (pelapisan kembali luka dengan epitel baru) yang bisa mempercepat atau menghambat penutupan luka pada tubuh.

4. Sakit kepala

Dilansir dari WebMD, munculnya sakit kepala bisa dikaitkan dengan masalah pada sistem kekebalan tubuh. Salah satu yang perlu diwaspadai saat imun tubuh menurun adalah vaskulitis, yaitu peradangan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh infeksi atau penyakit autoimun.

Baca Juga :   Khasiat Minuman Kolagen, Hambat Penuaan dan Kurangi Radikal Bebas

5. Masalah pencernaan

Beberapa masalah pencernaan bisa jadi tanda bahwa seseorang mengalami penurunan imun sistem. Diare selama 2 hingga 4 minggu jadi satu peringatan bahwa sistem kekebalan tubuh mulai merusak lapisan usus kecil atau saluran pencernaan.

Tak hanya itu, jika mengalami sembelit atau sulit buang air besar (BAB), bisa jadi sistem imun terganggu dan menyebabkan adanya bakteri, virus, serta kondisi kesehatan lain mengganggu pencernaan.(tia)

MIXADVERT JASAPRO