Indonesia Terpilih Jadi Ketua ASEAN 2023

JagatBisnis.com – Indonesia didapuk menjadi Ketua ASEAN tahun depan. Menjelang keketuaan yang efektif per 1 Januari 2023, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pada sosialisasi Pilar Sosial Budaya ASEAN.

Menurut Muhadjir, sebagian besar masyarakat telah mengenal apa itu ASEAN. Namun, sangat sedikit yang mengetahui program-program Pilar Sosial Budaya ASEAN. Karena itu, hal ini menjadi tantangan yang harus diperhatikan untuk membuat Pilar Sosial Budaya ASEAN lebih nyata dan terasa keberadaan serta manfaatnya bagi masyarakat.

“Kita harus terus membuat inovasi strategi untuk meningkatkan kesadaran atas Pilar Sosial Budaya ASEAN. Salah satu strategi kuncinya adalah dengan memperluas jangkauan dan keterlibatan publik, agar masyarakat semakin memahami dan merasakan manfaat dari Pilar Sosial Budaya ASEAN,” kata Muhadjir dalam Forum Konsultasi Nasional Pilar Sosial Budaya ASEAN, dikutip, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga :   Negara Anggota ASEAN Saling Mengakui Sertifikat Vaksinasi COVID-19

Dia menjelaskan, saat ini pemerintah telah mengidentifikasi setidaknya enam isu prioritas dalam Pilar Sosial Budaya ASEAN, yaitu kesehatan, perlindungan pekerja migran, perubahan iklim, pendidikan, penanggulangan bencana, dan pembangunan pedesaan.

Baca Juga :   Jokowi Tegaskan ASEAN Harus Jadi Kekuatan Besar Ekonomi Digital

“Kami berharap, Forum Konsultasi ini dapat mengumpulkan berbagai usulan dan rekomendasi untuk memasyarakatkan Pilar Sosial Budaya ASEAN, serta mempersiapkan Keketuaan ASEAN 2023 di bidang sosial budaya,”paparnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO