Meski Sudah Dikubur Puluhan Tahun, Jenazah yang Ditemukan Warga Ini Masih Utuh

JagatBisnis.com –  Sesosok mayat yang sudah berusia puluhan tahun ditemukan masih utuh ditemukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kalurahan Wareng Kapanewon Wonosari Gunungkidul, Kamis (10/11/2022). Bahkan tali pocong masih terikat rapi.

Lurah Wareng, Ari Wibawa ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Mayat tersebut ditemukan ketika masyarakat menggali kubur untuk memakamkan warganya. Karena Kamis kemarin ada warganya yang meninggal dunia.

“Kebetulan salah satu warga saya meninggal. Itu nenek usianya 94 tahun meninggal karena sakit,” terang dia, Sabtu (12/12/2033)

Kebetulan di Kalurahan Wareng ada 3 pemakaman umum salah satunya di Dusun Wareng I. Karena jarak rumah duka dengan makam umum Wareng I lebih dekat maka diputuskanlah untuk memakamkan di TPU tersebut.

Warga kemudian mempersiapkan liang lahat yang akan digunakan untuk mengubur jenazah warganya tersebut. Kelompok Penggali Kubur (KPK) melakukan penggalian untuk menguburkan jenazah warga mereka yang meninggal.

Baca Juga :   Ditemukan Tak Bernyawa, Prajurit TNI di Papua Diduga Tertembak Pistolnya Sendiri

“Saat itu, KPK mencari lahan yang masih kosong di Tempat Pemakaman Umum Dusun Wareng I tersebut. Di TPU itu memang sudah penuh. Dan masih ada lahan yang seperti kosong bisa digali,”terang dia

KPKpun mulai menggali lahan yang dianggap kosong tersebut. Namun setelah beberapa centimeter KPK menggali tanah, mereka menemukan sebuah candi (bekas nisan) yang sudah lapuk.

Ternyata lahan tersebut sebelumnya memang makam namun sudah lama tak terurus. Dan penggalian makam diteruskan karena memang di tempat tersebut sudah sering memakamkan jasad seseorang di tempat yang sebelumnya ada makam.

Mereka kemudian menemukan mayat yang masih utuh terbungkus kain kafan. Anehnya tali pocong mayat tersebut masih terikat rapi. Mayat yang masih utuh tersebut kemudian diangkat dan dipinggirkan terlebih dahulu.

Baca Juga :   Sejak Lama Ternyata Keluarga yang Tewas di Kalideres Dikenal Tertutup

Beredar informasi mayat tersebut usianya sudah puluhan tahun. Namun Ari memperkirakan melihat kondisi dari nisan dan tidak terurusnya makam tersebut, diapun memperkirakan jasad sudah dimakamkan puluhan tahun sebelumnya.

“kalau dilihat dari nisan yang sudah rusak itu sudah puluhan tahun apalagi sudah tidak terurus. Nisannya itu awalnya sudah terkubur,” kata dia.

Namun saat itu, masyarakat merasa biasa dan tidak kaget sehingga tidak begitu memperhatikan terlalu detil kondisi mayat tersebut. Karena mereka sudah terbiasa mendapati mayat ketika menggali kubur. Seringkali di makam tersebut sudah penuh dan sering menemukan tulang belulang.

Baca Juga :   Kasus Penemuan Mayat dalam Karung di Batang Akhirnya Terungkap

Karena dianggap biasa maka mayat tersebut kembali dikembalikan ke tempat semula berdampingan dengan jasad warga yang memang akan dikuburkan. Dia sendiri kaget karena foto penemuan mayat tersebut tersebar luas dan sekarang menjadi viral.

“Ya awalnya kami anggap biasa. Sekarang kok viral,”terangnya.

Terkait silsilah mayat yang ditemukan utuh tersebut, dia tisak mengetahuinya secara pasti. Apalagi saat ini makam tersebut tidak terurus bahkan nisannya sudah terkubur di dalam tanah. sehingga dipastikan tidak ada keluarganya yang mengurus.

Untuk menelusurinya ia mengaku kesulitan karena juru kunci awal sudah meninggal. Dan juru kunci penerusnya yaitu anaknya juga mengundurkan diri karena mengaku tidak kuat. Di mana ketika menjadi juru kunci sudah sering jatuh sakit. (tia)

MIXADVERT JASAPRO