Desember 2022, Enam Pintu Tol akan Terapkan Sistem Bayar Nirsentuh

Tol Nirsentuh Foto: Tempo.co

JagatBisnis.com – Pemerintah akan mulai menerapkan sistem pembayaran tol non-tunai ‘jarak jauh atau nirsentuh pada Desember 2022. Penerapan sistem ini sejalan dengan peluncuran aplikasi aplikasi Multi Lane Free Flow (MLFF) pada Kamis (3/11).

“Ini akan kita mulai luncurkan mudah-mudahan pada Desember,” ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya, pemerintah akan mulai melakukan uji coba tahap awal di enam ruas jalan tol yang sudah ditetapkan. Namun Danang belum mau merinci pintu tol mana yang sudah siap memberlakukan sistem ini.

Pemerintah, lanjut Danang berharap sistem MLFF ini bisa berjalan dan digunakan serentak diseluruh tol pada akhir 2023. Sehingga targetnya seluruh tol di Indonesia akan menggunakan sistem MLFF pada 2024.

Sebelumnya, BPJT melakukan pemasangan tiang sensor sistem pembayaran tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) S dan Tol Jagorawi.

Danang mengatakan penerapan sistem MLFF akan pihaknya lakukan secara bertahap di beberapa ruas tol. Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik.

Dengan Pemberlakuan MLFF, ruas tol akan sepenuhnya menjadi jalan bebas hambatan atau tidak ada lagi pembatas di gerbang tol.(tia)

MIXADVERT JASAPRO