Target Produksi 2 Juta Motor Listrik Bisa Tercapai Sebelum 2024

JagatBisnis.com –  Kementerian Perindustrian (Kemenprin) optimis target Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memproduksi 2 juta unit motor listrik di dalam negeri pada 2024 akan tercapai. Bahkan, target tersebut bisa terealisasi sebelum tahun 2024.

“Khusus untuk roda dua, ada target dari Presiden pada tahun 2024 ini kami harus bisa memproduksi setidaknya 2 juta kendaraan motor listrik buatan Indonesia. Di sini tertulisnya dalam waktu sesingkat-singkatnya, tapi saya menyampaikan sebelum tahun 2024 harus bisa produksi motor 2 juta buatan Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di JCC, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Menurut dia, target tersebut bisa tercapai jika ada sinergi yang baik antar instansi pemerintah, baik kementerian maupun lembaga untuk mempercepat program transisi energi. Untuk itu, dipastikan pihaknya akan mendukung dari sisi supply.

Baca Juga :   Kemenperin dan BNPB Bakal Bangun Lab Pengujian Masker

“Tentunya agar memastikan produksi dan kendaraan listrik bisa cepat tumbuh, kata kuncinya tumbuh cepat. Sementara kementrian dan lembaga lain tentu mempunyai tanggung jawab yang berbeda dengan kami,” terang dia.

Baca Juga :   Industri Minyak Goreng Curah, Wajib Mendaftarkan Perusahaannya

Secara regulasi, lanjutnya, pemerintah telah menerbitkan berbagai regulasi untuk mendorong percepatan transformasi dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik. Di antaranya Peraturan Presiden no 55 tahun 2019, Peraturan Pemerintah no 74, dan Inpres Nomor 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Baca Juga :   Kemenperin Usulkan Kenaikan Tarif CHT, Tak Terlalu Tinggi

“Saya kira ini merupakan bukti nyata atas komitmen pemerintah mempercepat transformasi kendaraan berbasis konvensional ke kendaraan berbasis listrik,” pungkasnya. (*/esa)