Kemendagri Matangkan Persiapan Peresmian Tiga DOB

JagatBisnis.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat dan Daerah dalam rangka Pra-peresmian Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan di Bali, Rabu (26/10/2022). Rakor ini bertujuan mematangkan persiapan peresmian tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua.

Baca Juga :   Mendagri Tancapkan Tiang Bendera Merah Putih di Merauke

Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo mengatakan, dari pemaparan tiga kelompok kerja (Pokja) yang telah diterjunkan ke masing-masing wilayah, ketiga DOB tersebut telah memenuhi syarat untuk dilakukan pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur.

“Sebenarnya dari langkah kita hari ini, di belakang ini ada tulisan ‘pra’ artinya memantapkan, memastikan diri bahwa kita yakin untuk melangkah akan lebih baik ke depan, akan lebih jauh ke depan,” kata Wempi.

Baca Juga :   Kemendagri: Pembangunan Jakarta Harus Berlanjut Meski Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan Timur

Dirinya juga menyebut, adanya dinamika dalam proses pemilihan Pj. Gubernur merupakan bagian dari semangat untuk membangun Papua. Adapun nama-nama yang akan diusulkan menjadi Pj. Gubernur di tiga DOB merupakan hasil penjaringan aspirasi dari berbagai pihak terkait.

Baca Juga :   Kemendagri Minta MPP di Kabupaten Badung Jadi Contoh Daerah Lain

“Nantinya usai pelantikan Pj. Gubernur berlangsung, kami berharap prosesi itu juga diikuti dengan pelaksanaan pelantikan pejabat lainnya. Hal tersebut dilakukan agar roda pemerintahan di 3 DOB Papua terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO