Rishi Sunak Resmi Dilantik jadi PM Inggris

Rishi Sunak Foto:iNews

JagatBisnis.com Pemimpin Partai Konservatif Inggris yang baru, Rishi Sunak, akan dengan cara sah dilantik selaku perdana menteri pada Selasa( 25/ 10). Pelantikan itu dicoba satu hari usai beliau terpilih mengambil alih posisi PM Liz Truss yang mundur pada minggu lalu.

Sunak terlebih dulu akan meminta izin pada Raja Charles III buat membuat pemerintahan baru. Berita itu di informasikan dalam suatu pernyataan yang diluncurkan kantor Perdana Menteri Inggris ataupun diketahui selaku 10 Downing Street, pada Senin( 24/ 10).

“ Perdana Menteri Liz Truss akan memimpin pertemuan dengan Kabinet pada pagi hari tanggal 25 Oktober, setelah itu dia akan menyampaikan pidato perpisahan,” suara pernyataan itu, semacam diambil dari TASS.

Baca Juga :   Kibarkan Bendera LGBT, Muhammadiyah: Kedubes Inggris Tak Menghormati Indonesia

“ Sekitar pukul 10: 15 waktu setempat,[Truss] akan tiba di Istana Buckingham, di mana Charles III akan menerima pengunduran dirinya. Kemudian, raja akan bertemu dengan Sunak dan mengundangnya untuk membentuk pemerintahan,” hubung pernyataan itu.

Baca Juga :   Jika Terpilih, Kandidat PM Inggris Janji akan Bersikap Keras ke China

Laki- laki keturunan India itu diperkirakan akan menunjukkan pidato pertamanya di hadapan orang Inggris di hari yang sama, dekat jam 11. 35 siang waktu setempat. Terpilihnya Sunak( 42) sebagai perdana menteri sudah menorehkan asal usul baru untuk India serta Inggris. Karena, buat pertama kalinya Pemerintahan London dipimpin oleh wujud keturunan Asia.

Baca Juga :   Inggris Akan Berlakukan Undang-undang Anti-BDS Jika Israel Bersikeras Lindungi Rejim Zionis

Sunak serta keluarganya pindah ke Inggris pada 1960- an, sebagian tahun usai negara di Asia Selatan itu memproklamirkan kemerdekaannya dari jajahan Inggris pada 1947. Sunak memegang kedudukan orang no satu sehabis mengalahkan saingan terdekatnya Penny Mordaunt dalam pemungutan suara pemimpin Partai Konservatif. (tia)