5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Didatangkan untuk Cegah Covid-19 Varian XBB

JagatBisnis.com – Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril mengatakan bahwa pemerintah telah mendatangkan lima juta dosis vaksin COVID-19 buatan Pfizer untuk memenuhi kebutuhan vaksin di daerah-daerah yang kehabisan stok serta menguatkan imunitas tubuh terhadap varian Omicron subvarian XBB.

“Kita ada vaksin booster untuk tameng berikutnya, untuk meningkatkan imun tubuh agar mengenali varian baru ini. Setelah lebih mengenal dia akan mempunyai kekuatan dan tidak jadi kesakitan yg lebih berat,” saat konferensi pers secara daring, Rabu (26/10/2022).

Syahril menegaskan bahwa Vaksin yang saat ini digunakan di Indonesia dinilai efektif terhadap SarsCov dan termasuk varian baru XBB ini.

Baca Juga :   COVID-19 Subvarian Omicron XBB Telah Ditemukan di Surabaya

“Vaksin yang saat ini digunakan, dinyatakan WHO efektif terhadap Sarscov termasuk varian baru ini XBB, dan mugnkin sub varian baru sekalipun,” tambahnya.

Baca Juga :   Asal Mula Subvarian COVID-19 XBB Ditemukan di Indonesia

Namun disayangkan, vaksinasi booster masih relative rendah dari sasaran awal. Sedangkan capaian vaksinasi kedua sampai hari ini sudah mencapai angka 73.2 % dan booster di angka 27,6%.

“Yang kita datangkan dari Pfizer itu 5 juta, dr bpom juga sedang disiapkan, dan dari biofarma sudah disiapkan mungkin November sudah tersedia untuk menjadi tambahan logistic vaksin di Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga :   Kasus Omicron XBB di Singapura Melonjak

Berdasarkan data organisasi kesehatan dunia (WHO), Omicron subvarian XBB sudah terdeteksi di 26 negara, antara lain Australia, Bangladesh, Denmark, India, Jepang, dan Amerika Serikat dari bulan Agustus 2022. (tia)