Asal Mula Subvarian COVID-19 XBB Ditemukan di Indonesia

Ilustrasi Subvarian COVID-19 XBB Foto: CNN Indonesia

JagatBisnis.com –  Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menjelaskan subvarian COVID-19, Omicron XBB ditemukan di Indonesia berdasarkan hasil pemeriksaan whole genome sequencing.

“Kami punya sistem genome sequencing yang baik untuk menentukan apakah ada variasi dari mutasi baru virus tersebut sehingga akhirnya kami temukan varian baru seperti yang ada di Singapura,” kata Dante saat ditemui di Universitas Indonesia Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (22/10/2022).

Namun, dia mengaku belum bisa menjelaskan wilayah terjadinya kasus subvarian XBB dan jumlah kasusnya. Sebab, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih melakukan proses pemetaan terhadap kasus subvarian XBB.

Baca Juga :   5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Didatangkan untuk Cegah Covid-19 Varian XBB

Dante juga mengaku belum bisa menjelaskan karakteristik subvarian XBB, tetapi dia berharap subvarian tersebut tidak lebih berbahaya dari varian-varian sebelumnya seperti varian Delta yang menimbulkan tingginya angka kematian.

Baca Juga :   5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Didatangkan untuk Cegah Covid-19 Varian XBB

“Nanti kita akan lihat perkembangan karakteristik ini berdasarkan pola-pola klinis yang nanti akan muncul,” tambah Dante.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mengatakan angka kematian yang saat ini masih rendah bisa meningkat dalam beberapa hari ke depan karena adanha subvarian XBB ini.

Baca Juga :   5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Didatangkan untuk Cegah Covid-19 Varian XBB

“Karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik,” tandas Dante.

Sebelum, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut subvarian XBB sudah masuk ke Indonesia.

“Singapura kasusnya naik lagi ke 6 ribu per hari karena ada varian baru namanya XBB. Varian ini juga sudah masuk ke Indonesia,” ucap Menkes Budi, Jumat (21/10/2022). (tia)