PLN Mulai Kerjakan PSN Pendukung IKN di Kaltim

JagatBisnis.com –  PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) mulai melaksanakan kegiatan pembebasan lahan untuk tapak tower rencana jalur SUTT 150kV Sei Durian-Tarjun di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Nantinya, jalur terdiri dari 291 tower yang melintasi 4 Kecamatan dan 17 desa.

“Pembangunan jalur ini merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) untuk menunjang IKN dan tentunya memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Kabupaten Kotabaru,” kata Manager Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 4 (UPP KLT 4) Haris Nasution dikutip Sabtu (22/10/2022).

Dia menjelaskan, kegiatan pembebasan itu, dilakukan secara bertahap per kecamatan. Dimulai dari pra inventarisasi, sosialisasi kepada masyarakat terdampak dan inventarisasi bersama pemilik lahan didampingi oleh aparat desa/kelurahan setempat.

Baca Juga :   PLN Terangi Seluruh Istana Kepresidenan dengan Energi Hijau

“Identifikasi awal merupakan tahap pertama yang harus dilakukan untuk mengetahui siapa pemilik lahan yang terkena, untuk selanjutnya kita undang sosialisasi sehingga tepat sasaran,” ungkapnya.

Baca Juga :   DME Bakal Gantikan LPG untuk Memasak

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap, kegiatan identifikasi awal ini mendapatkan kepemilikan lahan yang benar, sehingga dapat dilanjutkan tahapan selanjutnya yaitu pengecekan lahan bersama pemilik didampingi aparat setempat dan validasi bukti kepemilikan warga.

Baca Juga :   PLN Tambah 2 Pembangkit EBT di Lampung untuk Perkuat Pasokan Listrik Hijau

“Pelaksanaan pembangunan jalur ini didukung penuh oleh pemerintah daerah, Kecamatan sampai ke desa yang wilayahnya terlintasi, di mana pembangunan ini dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di sekitarnya,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO