Spesies Paus Baru Ditemukan Hidup Eksklusif di Perairan AS

JagatBisnis.com – Spesies paus baru ditemukan hidup di perairan Amerika Serikat (AS). Namun, keberadaannya sudah berada di ambang kepunahan. Sekelompok ilmuwan menyampaikan surat terbuka kepada Presiden AS Joe Biden untuk mengambil tindakan penyelamatan terhadap Paus Rice yang jumlahnya tinggal 50 ekor.

Spesies yang baru ditemukan ini dapat tumbuh hingga panjang 40 kaki atau 12 meter dan memiliki salah satu repertoar vokal paling kompleks dari semua spesies paus yang dikenal. Para peneliti memperkirakan hanya ada 51 paus Rice yang tersisa. Populasi kecil berada di bawah ancaman dari industri minyak dan gas, serta lalu lintas kapal yang berlebihan dan alat tangkap yang ditinggalkan.

Spesies ini terdaftar sebagai sangat terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List of Threatened Species, dan juga dilindungi oleh US Endangered Species Act, serta Marine Mamamal Protection Act. Untuk itu, para ilmuwan meminta pemerintah AS untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi paus Rice sebelum musnah selamanya.

Dalam surat tersebut, para peneliti menjelaskan ancaman utama terhadap paus Rice terkait dengan pengeboran dan eksplorasi bahan bakar fosil di Teluk Meksiko. Para peneliti memperkirakan bahwa pada tahun 2010, bencana Deepwater Horizon, tumpahan minyak laut terbesar dalam sejarah manusia, yang melepaskan sekitar 377.000 metrik ton minyak ke Teluk Meksiko, bertanggung jawab atas kematian sekitar 20 persen populasi paus Rice.

“Dengan kelimpahan yang sangat rendah, hilangnya satu paus pun mengancam kelangsungan hidup spesies ini. Kecuali tindakan konservasi yang signifikan diambil, Amerika Serikat kemungkinan akan menyebabkan kepunahan antropogenik pertama spesies paus besar,” tulis para peneliti dikutip dari laman LiveScience, Kamis (20/10/2022). (*/els)

MIXADVERT JASAPRO