Satgas PMK Pastikan 3.772.423 Hewan Ternak Sudah Divaksinasi

JagatBisnis.com – Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) memastikan sebanyak 3.772.423 ekor hewan ternak telah divaksinasi. Data informasi tersebut tersebar di 25 provinsi dan 301 kabupaten/kota telah tertular PMK dengan jumlah sebanyak 549.545 ekor. Sementara, hewan ternak yang telah sembuh dari PMK sejumlah 439.188 ekor, dan belum sembuh sebanyak 88.420 ekor.

“Terdapat beberapa provinsi yang masuk zona merah itu yakni Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, dan Sulawesi Selatan, kata Koordinator Tim Pakar Satgas PMK Wiku Adisasmito, Senin (10/10/2022).
Dia menjelaskan, cara mencegah penyebaran PMK (sapi, kerbau, domba, kambing, rusa dan babi), di antaranya membatasi gerakan hewan, pengawasan lalu lintas dan pelaksanaan surveilans. Selain itu, juga melarang pemasukan ternak dari daerah lain, karantina dengan ketat, manajemen pemeliharaan yang baik, meningkatkan sanitasi, mendesinfeksi kandang dan sekitarnya secara berkala.

“Penyelenggaraan kegiatan vaksinasi PMK dapat mempengaruhi ketahanan pangan secara nasional. Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan dengan baik, akan mengembalikan produktivitas dari hewan ternak yang sebelumnya telah terkena PMK atau terjangkit PMK,”
tutup Wiku. (*/esa)

Baca Juga :   Tahun Ini, Hari Raya Kurban Berbeda karena Wabah PMK
MIXADVERT JASAPRO