Mulan Jameela Kritik Pemerintah soal Penggunaan Kompor Listrik

JagarBisnis.com-Mulan Jameela baru-baru ini namanya ramai diperbincangkan hingga viral di media sosial (medsos), setelah melontarkan kritik terhadap pemerintah terkait kebijakan konversi gas elpiji ke kompor listrik atau induksi. Istri Ahmad Dhani yang menjadi anggota Komisi VII DPR RI ini menilai program tersebut bukan menyelesaikan masalah, tapi justru akan menimbulkan masalah baru.

Mulan menjelaskan, program ini terlalu terburu-buru dirilis ke masyarakat. Politisi Partai Gerindra itu mengaku, sebagai seorang ibu yang mengurus urusan dapur, dia tahu betul kebutuhan kompor untuk rumah tangga. Sehingga konversi elpiji 3 kg ke listrik jadi persoalan serius para ibu.

“Berhubung saya ibu-ibu yang mengurus kompor di dapur. Jadi saya mengerti betul kompor apa yang dibutuhkan. Ini saya jujur karena kapasitas saya sebagai anggota dewan dan sebagai emak-emak. Kami di rumah, punya kompor listrik, tapi tetap tak bisa lepas dari kompor gas juga. Karena masakan Indonesia itu beda, tidak seperti masakan orang bule yang pancinya seukuran itu saja,” ungkap Mulan, dikutip Sabtu (24/9/2022).

Baca Juga :   Pemerintah Buka Peluang untuk PTFI Perpanjang Izin Perusahaan

Sebelumnya, Mulan mengingatkan Komisi VII DPR sebenarnya sudah membahas ihwal program kompor listrik ini dengan Kementerian ESDM, dalam rapat ketika itu menyepakati program tersebut perlu dikaji ulang. Kini, program distribusi kompor listrik mulai digulirkan dan harganya mencapai Rp1,5 juta per unit.

Baca Juga :   Luhut: Pemerintah Telah Melakukan Enam Terobosan Baru

“Menurut saya konversi dari kompor gas ke kompor induksi ini seperti menyelesaikan masalah dengan masalah baru. Konversi gas 3 kg ke induksi jadi persoalan baru buat ibu-ibu. Kami tahu Kemenperin hanya menjalankan mandat yang ditugaskan. Ini urusan PLN. Saya melihat ini terlalu terburu-buru,” papar legislator Dapil Jabar XI itu. (*/esa)