Tilang Manual Dihapus, Ruas Jalan di Jakarta akan Terpasang Kamera ETLE

JagatBisnis.com-Ditlantas Polda Metro Jaya akan menghapus tilang manual oleh petugas, jika sejumlah ruas jalan di Jakarta terpasang kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik. Peniadaan tilang manual mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang oleh petugas di lapangan.

“Secara keseluruhan ketika ruas jalan telah terawasi tidak boleh ada lagi tilang manual. Kami menargetkan secepatnya kamera tilang akan terpasang di semua ruas. Kalau terdukung semuanya akan segera terpasang. Tapi untuk tahun ini belum bisa, karena butuh anggaran dan butuh perencanaan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, Kamis (22/9/2022).

Dia menerangkan, pihaknya bakal menambah 70 titik kamera ETLE di beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya pada tahun 2023. Hal tersebut untuk menambah jumlah titik E-TLE di ibu kota. Karena wilayah Jakarta Raya ini 1×24 jam ada aktivitas masyarakat. Jadi, kamera ETLE akan dipasang menyeluruh. Selain itu, pihaknya akan menggunakan ETLE mobile dalam menindak pelanggar lalu lintas. ETLE mobile digunakan Polantas yang sudah terlatih. Sehingga bisa melakukan tilang lewat handphone.

Baca Juga :   Jakarta Resmi jadi Tuan Rumah Balap Mobil Listrik Formula E

“Nanti kalau ETLE mobile sudah ada, ETLE statis sudah terpasang di mana-mana seluruh lokasi tercover, maka tidak ada lagi tilang manual,” ucap Latif.

Baca Juga :   Meski 92 Persen Sudah Vaksin Kedua, Jakarta Belum Aman dari Covid-19

Menurut dia, terobosan inovasi tersebut sangat bermanfaat dalam memberikan pelayanan prima dan terbaik untuk masyarakat. Diharapkan dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi itu, angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Baca Juga :   Atlet PON XX Kontingen DKI Jakarta Akan di Tracing Covid-19 dan Malaria

“Sehingga ini bisa dilaksanakan dalam kegiatan patroli, khususnya di tempat-tempat yang rawan kecelakaan. Sehingga, dengan peningkatan dan pergelaran ETLE ini angka kecelakaan lalu lintas, semakin hari atau dari tahun ke tahun kita harapkan makin turun. Karena kepatuhan, ketaatan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas makin baik dan ini tentunya akan menurunkan potensi kecelakaan lalu lintas,” ucapnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO