China Temukan Bekas Lapisan Aliran Lava di Bulan

JagatBisnis.com-Sebuah tim peneliti dari China telah menemukan bukti geologis, setidaknya ada 4 lapisan aliran lava di bulan. Laporan dari National Space Science Center (NSSC) China, Rabu (21/9/2022), sebelumnya, misi pesawat ruang angkasa tak berawak Chang’e-5 membawa total 1.731 gram sampel bulan kembali ke bumi pada akhir 2020.

Du Jun, yang memimpin penelitian, mengatakan, para ilmuwan yang melakukan penelitian juga menyarankan area pendaratan Chang’e 5 kaya akan elemen penghasil panas termasuk uranium, thorium, dan potasium. Sehingga unsur-unsur tersebut dapat meningkatkan aktivitas vulkanik yang telah ada di bulan sejak lama.

“Studi tentang ketebalan batuan basal dan tingkat letusan di area pendaratan Chang’e-5 akan lebih meningkatkan pemahaman tentang aktivitas vulkanik bulan dan sejarah evolusi panas internal,” terangnya.

Dia menjelaskan, basalt adalah batuan beku berwarna gelap yang berasal dari gunung berapi. Sehingga tingkat letusan di daerah pendaratan Chang’e-5 meningkat secara signifikan sekitar dua miliar tahun yang lalu. (*/esa)