Ini Cara Pencegahan Mata Kering dan Iritasi Akibat Bermain Gadget

Ilustrasi main Gadget Foto: Tribun Kaltim

JagatBisnis.com – Perangkat gadget, baik handphone hingga laptop, kini tidak dapat lepas dari aktivitas sehari-hari. Tidak hanya digunakan untuk mempermudah pekerjaan dan alat komunikasi, gadget juga bisa menjadi sarana hiburan seperti berselancar di media sosial hingga streaming film favorit.

Meningkatnya intensitas berselancar internet pun terjadi di Indonesia. Riset dari Hootsuite dan We Are Social pada Januari 2021 mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia menempati peringkat kedelapan dari 47 negara terlama menghabiskan waktu berinternet dengan rata-rata durasi 8 jam 52 menit per hari. Bahkan, durasi ini melampau rata-rata global yakni 6 jam 54 menit.

Di sisi lain, durasi screen time yang semakin lama ini menimbulkan berbagai efek samping. Di antaranya mata kemerahan, kering, hingga iritasi yang bisa menyebabkan sakit mata.

Karenanya, kita juga harus bijak saat bermain gadget agar kesehatan mata tetap terjaga. Salah satunya dengan menerapkan kebiasaan sehat internetan dengan gadget berikut ini:

Baca Juga :   Waspada, Bekerja di Waktu Ini Tingkatkan Risiko Terkena Kanker

1. Perhatikan jarak pandang dengan layar gadget

Seperti membaca buku, jarak pandang saat bermain gadget juga harus ideal agar mata tidak cepat lelah. Dilansir laman American Academy of Ophthalmology (AAO), jarak antara mata dan layar gadget setidaknya 25 inci atau sekitar 63 cm. Posisikan layar sedikit ke bawah, sehingga pandangan Anda tidak tidak lurus langsung di depan atau ke atas layar.

Sebab saat jarak pandang mata dengan monitor terlalu dekat, mata akan lebih cepat lelah hingga memperburuk rabun mata. Selain itu, jarak pandang yang ideal juga bisa memperkecil paparan sinar layar gadget yang membuat mata lelah dan kering.

2. Terapkan sistem 20-20-20

Strategi 20-20-20 bisa menjadi cara agar mata tidak mudah lelah sekaligus mengurangi gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi penglihatan.

Caranya, istirahatkan mata setiap 20 menit dengan mengalihkan pandangan ke objek yang berjarak 20 meter selama 20 detik. Cara ini dapat membuat mata lebih rileks dan mengurangi ketegangan yang kerap menimbulkan rasa pusing. Selain itu, jangan lupa untuk rutin berkedip setidaknya 15 kali dalam satu menit agar permukaan mata tetap lembap.

Baca Juga :   Perempuan Alami Tiga Kali Lebih Banyak Peradangan Sendi Dibanding Pria

3. Atur kecerahan layar

Cahaya layar laptop atau ponsel yang lebih terang dibandingkan lingkungan sekitar membuat mata harus bekerja lebih keras, sehingga mata pun cepat lelah dan rentan kering. Jadi, sesuaikan cahaya dan kontras layar agar tidak terlalu terang atau terlalu gelap.

Bila perlu, gunakan kacamata khusus anti radiasi selama menggunakan gadget. Kacamata anti radiasi berfungsi mengurangi paparan cahaya biru yang memiliki panjang gelombang pendek dan dapat memperparah kerusakan mata.

4. Atur durasi bermain gadget

Bila merasakan tanda-tanda seperti mata terasa perih, panas, dan pusing, baiknya langsung simpan gadget dan istirahatkan mata hingga gejalanya berkurang. Bila Anda harus berada di depan layar gadget karena tuntutan pekerjaan, atur waktu istirahat untuk mencegah kelelahan mata. Misalnya rehat selama 15 menit setiap dua jam.

Baca Juga :   Tak Kunjung Sembuh, Waspada Anak Terkena Penyakit Kusta

Selain itu, hentikan pemakaian segala jenis gadget maksimal 1 jam sebelum tidur. Bukan hanya memengaruhi kesehatan mata, cahaya biru yang terpancar dapat memengaruhi siklus tidur, yang dapat menyebabkan timbulnya insomnia.

5. Jaga kelembapan mata

Mata yang lembap tidak hanya dapat mencegah kemerahan dan kering yang sangat mengganggu, namun dapat melindungi mata dari kotoran dan debu penyebab iritasi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembapan mata, seperti rutin berkedip dan menyantap makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Misalnya makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, hingga makanan tinggi asam lemak Omega-3. (pia)

 

 

MIXADVERT JASAPRO