Ini Bahayanya Kecanduan Gadget pada Anak

JagatBisnis.com – Kecanduan gadget (gawai) pada anak bisa memengaruhi bahkan menyebabkan gangguan mental jika tak segera diatasi.

Psikolog Prof. Dr. H. Seto Mulyadi, S. Psi., M.Si, menjelaskan, anak yang kecanduan gawai bisa tiba-tiba marah ketika sinyal susah, kuota habis, karena merasa seolah tidak terpenuhi kenikmatan dan kenyamannya. Bahkan, ada yang sampai dirawat di rumah sakit jiwa.

“Jadi dari berbagai hal inilah sesuatu yang dinikmati dan sudah merasa nyaman dengan keadaan itu, tiba-tiba hilang secara mendadak, memang bisa menimbulkan anak-anak stres. Dia tidak bisa belajar sosial, tidak bisa melihat bagaimana pergaulan,” jelas Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) itu.

Baca Juga :   Pandemi Bikin Kualitas dan Kuantitas Tidur Masyarakat Memburuk

Lebih lanjut, pria yang akrab dipanggil Kak Seto menjelaskan ada beberapa kondisi yang harus diwaspadai oleh orangtua saat anak kecanduan Gadget. Apabila anak sudah sulit untuk diatur, mengganggu pola makan, ibadah dan waktu belajar, hal tersebut perlu diwaspadai. Apalagi jika mood sang anak sulit untuk dikendalikan jika dijauhkan dari gadgetnya.

Baca Juga :   Benarkah WFH Bikin Rambut Rusak?

“Nah itu sudah harus waspada. Ada sesuatu yang tidak beres pada jiwa anak,” kata Kak Seto.

Jika anak sudah mengalami hal tersebut, Kak Seto menyarankan agar orangtua dapat meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak. Dengan demikian, hubungan persahabatan antara orangtua dan anak pun dapat terjalin sehingga anak tak hanya terfokus pada gawainya saja.

Baca Juga :   Waspada, Stres Berlebihan Memicu Gangguan Kesehatan di Area Kewanitaan

“Jadi biasakan menggelar rapat keluarga. Atau ngobras, ngobrol bareng asik misalnya. Jangan sekedar memberikan perintah saja. Tapi mulai dengan sekarang ayah dan bunda mau dengar apa yang menurut kalian kami salah? Gitu,” kata Kak Seto.

Dengan dialog, menurut Kak Seto, maka terjalin persahabatan.”Karena itu juga tempat pelarian anak. Begitu ibunya marah, ayahnya cuek, ya sudah. Asyik banget dia dengan gadget,” pungkasnya. (pia)

 

MIXADVERT JASAPRO