Jepang Waspada, Kapal China dan Rusia Berkeliaran di Selatan Tokyo

JagatBisnis.com – Jepang dalam siaga tinggi, awal pekan ini. Hal itu terjadi setelah sejumlah kapal yang terlihat di selatan Tokyo menunjukkan peningkatan adanya kehadiran pasukan Rusia dan China di dekat wilayah negara itu. Ada sekitar 7 kapal perang Rusia terlihat bergerak ke selatan di lepas pantai pulau paling utara Jepang, Hokkaido, pada Kamis (16/6/2022) dan Jumat (17/6/2022), melewati Kepulauan Izu yang tidak berpenghuni.

Baca Juga :   Rusia Hujani Ukraina dengan 100 Rudal, 2 Orang Tewas

Staf Gabungan Jepang membenarkan, kapal asing tersebut dipantau oleh kapal dan pesawat dari Pasukan Bela Diri Maritim. Sebelum Kamis (16/6/2022), kapal perang Rusia tidak terlihat di dekat perairan Jepang sejak Oktober. Pada saat itu, total 10 kapal dari Rusia dan China terlihat bergerak di sekitar negara itu, meningkatkan alarm tentang negara-negara asing yang beroperasi di dekat Jepang.

“Kemudian, pada Jumat (17/6/2022) pagi, ada 9 kapal Rusia lagi terlihat di sekitar Tanjung Soya, dekat titik paling utara Hokkaido. Terlepas dari kekhawatiran tersebut, tidak ada kapal perang yang terlihat minggu lalu yang ditemukan benar-benar memasuki perairan Jepang dan tidak terlihat melakukan tindakan berbahaya,” paparnya, Senin (20/6/2022).

Baca Juga :   Kasus COVID-19 Varian Omicron, Maskapai China Hentikan Penerbangan dari 37 Negara

Dia menjelaskan, pasukan Rusia sebelumnya telah mengumumkan rencana untuk menjalankan pelatihan skala besar di Samudra Pasifik dengan 40 kapal perang. Kementerian Pertahanan Jepang mencatat kemungkinan ada 16 kapal yang terlihat di dekat perairan negara itu mungkin ikut serta dalam latihan tersebut. Namun, hingga Sabtu, hal itu belum dikonfirmasi.

Baca Juga :   Hari Ini Umat Islam di China Rayakan Idul Fitri

“Pada waktu yang hampir bersamaan, ada 2 kapal perusak rudal China terlihat melewati laut Jepang. Kapal itu menuju dari Selat Tsushima ke Laut Okhotsk,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO