Kalahkan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023, Ini 4 Fakta Kehebatan Timnas Indonesia

JagatBisnis.com – Sedikitnya empat fakta kehebatan timnas tersaji dalam duel Indonesia vs Kuwait di laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6/2022) malam WIB.

Indonesia saat ini berada di urutan nomor dua klasemen Grup A dengan koleksi tiga poin kalah selisih gol dari Yordania yang berada di posisi Puncak. Sementara Kuwait menguntit di peringkat ketiga dengan poin kosong.

Gol pembuka kemenangan Indonesia dibuat Marc Klok dari tendangan penalti di akhir babak pertama.

Baca Juga :   Timnas Ditahan Imbang Bangladesh, Shin Tae-yong Minta Maaf

Adapun gol kemenangan Garuda dilesakkan Rahmat Irianto tak lama setelah pergantian babak. Sementara, gol Kuwait Yousef Nasser lesakkan di menit 40 dari sundulan.

Berikut empat fakta kehebatan Indonesia usai tekuk Kuwait melansir dari berbagai sumber:

1. Kemenangan perdana Indonesia atas Kuwait sejak 1980. Terakhir kali Indonesia menang atas Kuwait pada 19 Oktober 1980 di Merdeka Tournament. Indonesia menang 2-1 di Kuala Lumpur.

Baca Juga :   Kualifikasi Piala Asia, Timnas Indonesia Optimis Habisi Taiwan

2. Rachmat Irianto layak menjadi pemain terbaik atau man of the match. Dengan torehan satu ‘assist’ dan satu gol, Rachmat Irianto layak menjadi pemain terbaik dalam kemenangan 2-1 Indonesia atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023.

3. Indonesia memetik kemenangan atas negara dengan peringkat FIFA yang lebih baik. Indonesia saat ini ada di posisi ke-159, sedangkan Kuwait menempati posisi 146 dunia.

4. Keputusan pelatih Shin Tae-yong pada babak kedua memasukkan pemain baru seperti Witan Sulaeman dan Muhammad Rafli terbukti berhasil. Pergerakan Witan di dalam kotak penalti lawan berbuah kemelut yang berhasil dengan sempurna oleh Rachmat Irianto pada menit ke-46. Indonesia pun membalikkan kedudukan menjadi unggul 2-1.

Baca Juga :   Tahun Ini, Zohri Tak Bisa Mudik Lebaran

Skuad Garuda menyisakan dua laga di Kualifikasi Piala Asia 2023. Indonesia akan bersua dengan Yordania, Minggu dini hari WIB, (12/06/2022). Tiga hari berselang, Skuad Garuda akan bertemu Nepal. (pia)

MIXADVERT JASAPRO