Pemimpin Gereja di AS Dituntut 16 Tahun Penjara Usai Lecehkan Anak di Bawah Umur

JagatBisnis.com – Jaksa di California pada Jumat (3/6/2022) menuntut seorang pemimpin gereja evangelis yang berbasis di Meksiko atas tuduhan pelecehan seksual terhadap tiga anak di bawah umur.

“Garcia mengaku bersalah atas dua tuduhan oral seks secara paksa yang melibatkan anak di bawah umur dan satu tuduhan tindakan cabul pada seorang anak. Tuduhan tersebut berasal dari pelecehan terhadap tiga korban di bawah umur,” kata jaksa penuntut, dikutip dari Reuters.

Menurut pernyataan dari Kantor Jaksa Agung California, pelaku bernama Joaquin Garcia (53), seorang pemimpin Gereja La Luz del Mundo (Cahaya Dunia) yang berbasis di Guadalajara, Meksiko. Garcia mengaku bersalah atas tuduhan pelecehan seksual tersebut tiga hari sebelum dijadwalkan ke pengadilan.

Baca Juga :   Bejat, Ayah Kandung Cabuli Anaknya yang Masih SMP

“Hukuman untuk Garcia dijadwalkan Rabu depan. Dia menghadapi hukuman 16 tahun delapan bulan penjara,” sambung jaksa.

Meskipun menjabat sebagai pemimpin gereja yang cukup ternama, Garcia lantas tak memiliki jejak kriminal yang bersih. Keberadaannya diselidiki oleh polisi selama bertahun-tahun.

“Hukumannya mengakhiri penyelidikan yang dimulai pada 2018 yang mengarah pada penangkapan Garcia pada tahun berikutnya di Bandara Internasional Los Angeles dengan seorang terdakwa lainnya, Susana Medina Oaxaca, yang mengaku bersalah pada hari Jumat atas tuduhan penyerangan yang menyebabkan cedera tubuh yang parah,” kata pihak Kejaksaan Agung California.

Baca Juga :   Usut Kasus Pelecehan Dosen, Unesa Libatkan Psikolog, Sosiolog dan Dokter

Terdakwa ketiga, Alondra Ocampo, juga ditangkap pada 2019. Ia kemudian mengaku bersalah pada 2020 atas tiga tuduhan pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur.

Garcia, Oaxaca dan Ocampo telah menghadapi 36 tindak kejahatan, termasuk tuduhan pemerkosaan, perdagangan manusia dan pornografi anak. Mayoritas dari jumlah itu dibatalkan sebagai imbalan atas pengakuan bersalah para terdakwa.

Baca Juga :   Herry Wirawan Ternyata Punya Ruangan Khusus untuk Perkosa Santriwati

Ketika seorang hakim di Los Angeles memerintahkan Garcia untuk diadili pada Agustus 2020, Gereja La Luz del Mundo membela pemimpin mereka dan mengeluarkan pernyataan bahwa tuduhan kepada Garcia tidak valid. Mereka menyatakan tuduhan tersebut tidak mendasar dan hanya berasal dari desas-desus saja.

Kendati demikian, La Luz del Mundo adalah gereja evangelis terbesar di Meksiko yang dibangun pada 1920-an. Gereja ini memiliki 50 cabang di berbagai negara dan memiliki sekitar lima juta pengikut di seluruh dunia.(pia)

MIXADVERT JASAPRO