Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Terendam Banjir akibat Tanggul Jebol

JagatBisnis.com – Kawasan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang diterjang banjir. Ketinggian air bervariasi mulai dari 30 cm hingga 1.5 meter.

Air meredam seluruh kawasan tersebut. Kemacetan pun terjadi akibat lalu lintas yang hampir lumpuh. Banyak kendaraan yang mati mesin akibat terendam air.

Para petugas baik dari aparat kepolisian, BPBD dan Basarnas tampak sibuk mengatur lalu lintas dan membantu warga yang terdampak banjir.

Baca Juga :   Banjir Tak Kunjung Surut, Gubernur Kalbar Lapor ke Presiden Jokowi

Salah satu petugas yang berjaga di lokasi, Ipda Rudy mengatakan, banjir rob ini diperparah lantaran adanya tanggul yang jebol di kawasan pelabuhan.

“Di dalam kawasan industri terdapat tembok roboh sehingga air laut meluap, sehingga membanjiri area pelabuhan. Ketinggian sampai saat ini di dalam sampai 1,5 meter,” ujar Rudy, Senin (23/5).

Baca Juga :   Rawan Banjir, Kabupaten Tangerang Dirikan Posko Pantau

Rudy menjelaskan, pihaknya melakukan berbagai antisipasi untuk mencegah kerugian yang lebih besar.

“Lalu lintas di dalam pelabuhan kita antisipasi dengan menghalau kendaraan yang mau masuk agar diparkir dulu. Atau arahkan ke tempat parkir. Yang di dalam keluar kita tarik semua untuk antisipasi kerugian lebih besar,” jelas dia.

Baca Juga :   Diterjang Banjir, 10 Rumah di Kecamatan Ponorogo Kebanjiran

Sementara salah satu warga, Teguh, mengatakan ini merupakan banjir rob terparah selama ia bekerja di kawasan ini.

“Ini paling parah. Di dalam airnya sudah sampai dada. Karyawan sudah disuruh pulamg duluan. Motor ditinggal karena ya memang sudah tenggelam,” kata Teguh. (pia)

MIXADVERT JASAPRO