Rawan Banjir, Kabupaten Tangerang Dirikan Posko Pantau

JagatBisnis.com – Potensi banjir yang kemungkinan terjadi di musim hujan ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang menyiapkan posko pantauan dan informasi di 10 titik di wilayah tersebut. Langkah penyiapan posko bencana ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya potensi banjir saat musim hujan.

Baca Juga :   Terus Bertambah, Korban Tewas Akibat Banjir di Afsel

“Untuk 10 posko pemantauan bencana itu akan dibangun di Kecamatan Kosambi, Pakuhaji, Sepatan, Mauk, Kronjo, Balaraja, Cisoka, Tigaraksa, Sepatan, dan Kelapa Dua. Di mana, 10 kecamatan tersebut adalah wilayah rawan banjir di saat musim penghujan tiba,” Kepala, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangerang Abdul Munir, Sabtu (23/10/2021).

Menurutnya, pos-pos pemantauan akan dilengkapi perahu karet, baju pelampung dan motor pompa, Selain itu, dalam mengantisipasi terjadinya bencana, juga membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana), dengan menyiapkan relawan yang sudah dibekali pengetahuan pada setiap Destana.

Baca Juga :   Delapan Rumah Warga Mamuju Hanyut karena Banjir

“Para relawan tersebut berperan mengedukasi masyarakat setempat siaga bilamana bencana banjir ataupun bencana alam lainnya terjadi. Ada 107 dari total target sebanyak 274 Destana yang sudah terbentuk. Untuk pembangunan Destana ditargetkan hingga akhir 2023 dengan total 274 Destana di desa ataupun kelurahan,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO