Vaksin Convidecia Bisa Digunakan Sebagai Vaksinasi Covid-19

JagatBisnis.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan daftar penggunaan darurat (EUL) untuk vaksin Convidecia. Vaksin produksi CanSino Biologics, China ini menambah portofolio vaksin yang divalidasi oleh WHO untuk pencegahan Covid-19. Bahkan, vaksin ini telah ditinjau oleh Kelompok Penasihat Strategis WHO untuk Imunisasi (SAGE), pada awal bulan ini.

Seperti dikutip dari website resmi WHO, Sabtu (21/5/2022), SAGE merumuskan kebijakan khusus vaksin dan rekomendasi untuk penggunaan vaksin dalam populasi, yaitu kelompok usia yang direkomendasikan, yaitu ibu hamil dan menyusui. Selain itu, vaksin Convidecia melalui prosedur WHO EUL berdasarkan tinjauan data tentang kualitas, keamanan, kemanjuran, rencana manajemen risiko, kesesuaian program, dan inspeksi lokasi pabrik yang dilakukan oleh WHO. Sehingga vaksin tersebut telah memenuhi standar WHO untuk perlindungan terhadap Covid-19 dan manfaat vaksin jauh lebih besar daripada risikonya.

“Convidecia ditemukan memiliki 64 persen kemanjuran terhadap penyakit simtomatik dan 92 persen terhadap Covid-19 yang parah. Dalam hal ini, SAGE merekomendasikan penggunaan vaksin sebagai dosis tunggal (0,5 ml), pada semua kelompok usia 18 tahun ke atas. Vaksin ini didasarkan pada adenovirus manusia yang dimodifikasi yang mengekspresikan protein spike S dari SARS-CoV-2. Ini diberikan sebagai dosis tunggal,” tulis WHO.

Baca Juga :   Ada Klaster Baru Penyebaran COVID-19 di Solo

WHO menjelaskan, jalur EUL melibatkan penilaian yang ketat terhadap data uji klinis fase II dan fase III akhir, serta data tambahan yang substansial tentang keamanan, kemanjuran, kualitas, dan rencana manajemen risiko. Data ini ditinjau oleh para ahli independen dan tim WHO mempertimbangkan bukti terkini tentang vaksin yang sedang dipertimbangkan, rencana untuk memantau penggunaannya, dan rencana untuk studi lebih lanjut. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO