Lewat Voting Parlemen, Hassan Mohamud Kembali Jabat Presiden Somalia

Hassan Sheikh Mohamud

JagatBisnis.com – Eks Presiden Somalia, Hassan Sheikh Mohamud, kembali terpilih menjadi Presiden dalam pemilihan melalui parlemen, Minggu (15/5). Mohamud, mengalahkan petahana, Mohamed Abdullahi Mohamed.

Pemilihan Presiden Somalia dilakukan melalui voting anggota parlemen karena Pemilu tidak bisa dilakukan akibat negara ini dilanda krisis dan konflik.

Dikutip dari Reuters, Senin (16/5), pendukung Mohamud langsung menyambut hasil itu dengan bersorak dan menembakkan senjata ke udara di sekitar Ibu Jota Mogadishu.

Baca Juga :   Somalia Negara Paling Korup

Krisis Picu Somalia Tak Bisa Lakukan Pemilu
Selama empat dekade, Somalia mengalami krisis akibat dilanda kekeringan. Krisis semakin diperparah dengan rentetan kekerasan yang dilakukan oleh kelompok teroris al Shabaab.

Baca Juga :   ABK Bermasalah Asal Indonesia Dipulangkan Dari Somalia

Akibat lama dilanda krisis, Somalia mengalami perang saudara hingga pemberontakan.

Hal itu Somalia mereka tidak bisa melaksanakan Pemilu karena masalah keamanan. Pemerintah pusat hanya memiliki sedikit kendali di luar ibu kota.

“Tidak ada kehidupan di Somalia. Kami belajar dan kemudian dibom teroris. Jika tidak ada perdamaian, pendidikan tidak ada gunanya,” kata seorang mahasiswa kedokteran Nur Ibrahim.

Baca Juga :   Somalia Negara Paling Korup

Mohamud akan menghadapi tugas berat karena negara berpenduduk 15 juta orang ini menderita kekeringan, kelaparan dan konflik yang tampaknya tidak pernah berakhir. (pia)

MIXADVERT JASAPRO