Hiu Putih Besar Muncul di Lepas Pantai New Jersey

JagatBisnis.com – Hiu putih besar seberat 453 kilogram (kg) muncul di lepas pantai New Jersey, Amerika Serikat (AS) pada Kamis (28/4/2022) lalu. Ikan pemangsa, yang dijuluki Ironbound itu sedang dalam perjalanan bermigrasi ke utara menuju Kanada. Hiu putih bermigrasi untuk mencari makan dan berkembang biak, dan para peneliti telah mencatatnya di lautan beriklim sedang dan tropis di seluruh dunia.

“Musim kawin sudah berakhir, kami pikir, Ironbound sedang dalam perjalanan ke utara untuk mendapatkan tempat makan yang baik agar bisa bertambah besar pada tahun depan,” kata kepala ilmuwan dari Ocearch nirlaba Bob Hueter dikutip laman Live Science, Senin (9/5/2022).

Dia menjelaskan, pihaknya menandai dan melacak hiu putih besar (Carcharodon carcharias) untuk mempelajari migrasinya yang sulit dipahami. Untuk itu, pihaknya memasang perangkat yang disebut tag SPOT. Perangkat tidak berbahaya itu dipasang pada sirip punggung dan menyampaikan lokasi hiu ke satelit perangkat penentuan posisi global (GPS).

“Tag dirancang untuk terlepas dan jatuh setelah beberapa tahun. Namun, pelacakannya memiliki sedikit margin kesalahan. Sehingga lokasi tepat hiu bisa melenceng beberapa kaki atau meter ketika mereka muncul dalam jangkauan satelit GPS. Kesalahan itu bisa menjadi perbedaan antara satu sisi Long Island dan sisi lainnya,” ungkapnya.

Dia mengaku, pihaknya telah menandai hiu putih Ironbound sepanjang 5 meter dan seberat 1.814 kg. Sejak pertama kali ditandai hingga kini, Ironbound itu telah menempuh perjalanan sekitar 20.921 kilometer (km). Hiu itu pada Selasa (3/5/2022), berada lebih jauh di Samudra Atlantik, di sebelah timur Philadelphia. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO