Kemenhub Buka Posko Pengendali Mudik Lebaran

JagatBisnis.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi membuka Pos Koordinasi (Posko) Pusat Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2022, Senin (25/4/2022). Keberadaan posko itu sangat penting untuk mengoordinasikan penyelenggaraan angkutan Lebaran di seluruh wilayah Indonesia secara terpadu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, posko ini begitu penting untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan mudik tahun ini. Hal itu mengingat animo masyarakat untuk mudik sangat tinggi pasca 2 tahun dilarang mudik. Nantinya, posko ini akan menghimpun data pergerakan transportasi umum dan penumpang serta kendaran pribadi.

“Data-data itu kemudian disampaikan ke publik sebagai pegangan. Sehingga masyarakat dapat lebih merencanakan perjalanannya dan bisa melakukan mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan. Karena hari puncak mudik diprediksi pada 28-30 April 2022,” kata Budi, seperti dikutip Selasa (26/4/2022).

Baca Juga :   Mau Mudik ke Solo? Ini Rincian Biaya Tol Naik Mobil Rute Jakarta-Solo

Menurut Menhub, hampir di semua sektor sudah menunjukkan peningkatan pergerakan penumpang. Di kereta api sampai saat ini sudah 1,5 juta penumpang dari total 8 juta yang diprediksi mudik menggunakan kereta api. Inilah yang diharapkan pihaknya untuk masyarakat untuk mudik lebih awal.

Baca Juga :   KAI Terus Uji Coba Jalur Kereta Cibatu-Garut

“Adapun posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2022 (1443 H) dimulai pada H-7 (25 April 2022) hingga H+7 (10 Mei 2022) selama 16 hari bertempat di Kantor Kementerian Perhubungan. Posko ini diikuti oleh berbagai instansi, di antaranya Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas),” pungkasnya. (*/eva)