KAI Terus Uji Coba Jalur Kereta Cibatu-Garut

JagatBisnis.com-PT Kereta Api Indonesia (persero) atau KAI terus melakukan uji coba di jalur kereta api Cibatu-Garut. Uji coba itu dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan sebelum jalur sepanjang 19 km itu dioperasikan kembali, setelah terakhir kali beroperasi pada tahun 1983.

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan, uji coba itu dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zulfikri, yang berkunjung ke Kabupaten Garut pekan lalu. Dalam kunjungan itu, Zulfikri meminta pihaknya memastikan aspek keselamatan sebelum jalur Cibatu-Garut direaktivasi.

“Kami akan terus lakukan uji coba. Diharapkan bisa memberikan kepastian agar pemerintah dapat segera memberi izin operasional, sehingga harapan kita (kereta api Cibatu-Garut) bisa segera terlaksana,” katanya, Minggu (20/2/2022).

Baca Juga :   Sukseskan Angkutan Mudik Lebaran 2022, KAI Banjir Pujian

Menurut dia, selama proses uji coba, aspek keselamatan di jalur kereta api Cibatu-Garut sudah berjalan baik. Pihaknya juga terus memberikan laporan kepada Dirjen Perkeretaapian. Apalagi, saat ini izin operasional jalur kereta api Cibatu-Garut masih diproses di Kemenhub.

Baca Juga :   Uji Coba LRT Jabodebek dan KCJB Dipercepat

“Kami berharap, dalam waktu yang tak terlalu lama, izin operasional sudah dapat keluar. Sehingga

Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan, meminta masyarakat bersabar untuk dapat menggunakan jasa transportasi kereta api Cibatu-Garut. Sebab, saat ini masih dilakukan proses uji coba untuk memastikan keamanan jalur itu. Maksimal bulan depan jalur kereta itu sudah dapat digunakan.

Baca Juga :   Kemenhub Siap Tindak Oknum yang Mainkan Tarif Bus

“Tinggal ada satu dokumen yang harus ditandatangai terkait aspek keselamatan. Karena di jalur ini ada dua titik jembatan yang umurnya sudah di atas 100 tahun,” pungkas dia. (*/eva)
.