BRI Antarkan Pengusaha Kopi Gayo Tembus Pasar Internasional

JagatBisnis.com –  Upaya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dalam memberdayakan pelaku UMKM dirasakan hingga penjuru negeri. Salah satunya, dirasakan oleh pengusaha kopi Gayo asal Takengon, Provinsi Aceh. UMKM tersebut mendapatkan pendampingan dalam merintis usaha hingga kini sukses menembus pasar internasional di Amerika Serikat.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menjelaskan, hal ini merupakan komitmennya untuk mendukung pelaku UMKM. Oleh karena itu, pihaknya bertekad untuk terus melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM untuk menumbuhkan skala usahanya secara berkelanjutan.

“Dari UMKM mikro naik ke kecil, kemudian usaha kecil naik menjadi menengah, dan bisa juga dari pelaku UMKM menengah menjadi pelaku usaha korporasi,” katanya, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga :   BRI Jadi Bank Terbaik dalam ESG IDX Leader

Menurut dia, setiap UMKM, berada pada level yang berbeda sehingga untuk mendukung pelaku usaha naik kelas dan berkelanjutan, program pemberdayaan harus dilakukan secara berkesinambungan.

Baca Juga :   Pandemi, BRI Hasyim Ashari Restui Kredit ke Pelaku UMKM Lewat Online

“Journey pemberdayaan bisnis UMKM yang kami lakukan, yaitu go modern yang meliputi perbaikan kualitas produk, story behind product, packaging, branding, pengelolaan keuangan, manajemen pemasaran dan pembukuan,” ungkap Amam.

Baca Juga :   BRI Pastikan Ketersediaan Uang di ATM pada Masa Libur Lebaran

Selain itu, lanjut dia, go digital dengan digitalisasi dan automasi bisnis dan pemasaran, go online melalui perluasan pasar menggunakan e-commerce. Terakhir, go global dengan strategi menjangkau pasar internasional.

‘Pada proses go global, kami juga menyediakan fasilitas business matching dengan international buyer. Diharapkan fasilitas itu menjadi sarana showcase untuk UMKM mendapatkan akses ke pasar global,” terangnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO