Kepala BIN Ukraina Sebut Rusia Ingin Belah Negara Kami Seperti Korsel dan Korut

JagatBisnis.com – Rusia masih terus menyerang Ukraina. Sejak serangan dimulai pada (24/2), hingga saat ini belum ada tanda-tanda Rusia akan menghentikan serangan.

Kepala Badan Intelijen Ukraina, Kyrylo Budanov, mengatakan Rusia ingin membelah negaranya menjadi dua seperti di Korea yakni Korea Selatan dan Korea Utara.

“Rusia ingin membagi Ukraina menjadi dua, seperti yang terjadi dengan Korea Utara dan Korea Selatan,” kata Budanov dikutip dari Reuters, Senin (28/3).

Baca Juga :   Fasilitas Militer Ukraina di Perbatasan Polandia Dihantam Rudal Rusia

Budanov memastikan, Ukraina akan terus melakukan perlawanan agar hal itu tidak tercapai. Mereka akan terus melakukan gerilya secara total demi mencegah perpecahan negara.

“Musim gerilya Ukraina total akan segera dimulai. Kemudian akan ada satu skenario relevan yang tersisa untuk Rusia bagaimana bertahan hidup,” ucap dia.

Baca Juga :   Imbas Perang Rusia-Ukraina, Ekonomi Global Bisa Lesu

Sementara juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleg Nikolenko, enggan memberikan komentar terkait rencana Rusia ingin memecah Ukraina menjadi dua bagian yakni Ukraina Barat dan Timur.

“Semua referendum palsu di wilayah yang diduduki sementara adalah batal demi hukum dan tidak akan memiliki validitas hukum,” kata Nikolenko.

Baca Juga :   Begini Kronologi Evakuasi WNI di Ukraina hingga Tiba di Tanah Air

Sudah sebulan lebih Rusia menyerang Ukraina. Namun mereka gagal merebut kota besar di Ukraina salah satunya Kiev.

Rusia dikabarkan mulai mengurangi ambisinya untuk menguasai Ukraina secara penuh. Mereka akan fokus mengamankan wilayah Donbass di Ukraina Timur karena mayoritas penduduknya memang mendukung Rusia. (pia)

MIXADVERT JASAPRO