Begini Kronologi Evakuasi WNI di Ukraina hingga Tiba di Tanah Air

JagatBisnis.com –  Sekitar 80 warga negara Indonesia (WNI) dan 3 warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI di Ukraina tiba di Indonesia, Kamis (3/3/2022). Rombongan dijemput langsung oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Wakil Menteri Pertahanan Letjen Muhammad Herindra, di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Retno mengungkapkan kronologis dan rute evakuasi dalam rangka memulangkan WNI dari Ukraina. Tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bucharest dari Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (2/2/2022) pukul 18.40 WIB dan tiba di Bandara Henri Coanda, Bucharest, pada Kamis (3/3/2022) pukul 15.10 waktu setempat.

“Pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat,” ungkap Retno.

Baca Juga :   Xi Jinping Menyesal Dukung Penuh Putin

Dia menjelaskan, rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest-Madinah-Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam. Apalagi, perjalanan yang harus dilalui oleh para WNI sangat tidak mudah. WNI harus melalui sejumlah pemeriksaan dan di tengah jam malam yang berlaku di negara itu.

Baca Juga :   Aset Putin dan Menterinya Dibekukan Dunia Internasional

“Oleh sebab itu, kami memberikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah membantu upaya evakuasi para WNI dari Ukraina. Dan kepada WNI yang baru saja dievakuasi dari Ukraina, saya sampaikan selamat datang di tanah air dan selamat berkumpul dengan keluarga,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO