Saat Uji Coba, Rudal Balistik Korea Utara Meledak di Udara

JagatBisnis.com – Sebuah proyektil yang diduga bagian dari rudal balistik Korea Utara pada Rabu (16/2/2022) meledak di udara sesaat setelah diluncurkan, demikian menurut warta kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip sumber anonim.

Militer Korsel sebelumnya mengatakan Korut telah menembakkan sebuah ‘proyektil tak dikenal’ yang tampaknya gagal berfungsi setelah diluncurkan.

Proyektil yang diduga rudal itu ditembakkan dari lapangan terbang Sunan di luar ibu kota Korut, Pyongyang, kata Kepala Staf Gabungan Korsel dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga :   Balon Udara Sering Melambungkan Konflik Korsel-Korut

Puing-puing berjatuhan di Pyongyang atau di daerah sekitarnya setelah peluncuran yang gagal itu, kata media Korsel NK News mengutip sejumlah saksi.

Sebuah foto memperlihatkan gumpalan asap berwarna merah di ujung jejak peluncuran roket yang zig-zag di langit kota kota itu.

Komando militer Indo-Pasifik AS mengutuk peluncuran pada Rabu itu dan mendesak Pyongyang untuk menahan diri dari tindakan yang memicu instabilitas.

Baca Juga :   Warga Korea Utara yang Merayakan Natal di Hukum Mati

Sumber di kementerian pertahanan Jepang juga menyebut proyektil itu kemungkinan adalah rudal balistik, NHK melaporkan.

“Laporan tentang kegagalan (peluncuran) dari Sunan mengkhawatirkan karena bisa merusak kawasan sipil yang penuh penduduk,” kata Ankit Panda, seorang senior di Carnegie Endowment for International Peace yang berpusat di AS.

Pada 2017, sebuah rudal balistik jarak menengah Korut yang diluncurkan dari lokasi berbeda gagal setelah ditembakkan dan jatuh menimpa sebuah kompleks industri atau pertanian di Kota Tokchon.

Baca Juga :   232.000 Lebih Kasus Baru ‘Demam’ Melanda Korut

Lapangan terbang Sunan telah menjadi lokasi beberapa peluncuran rudal Korut baru-baru ini, termasuk pada 27 Februari dan 5 Maret.

Korut mengatakan kedua peluncuran itu untuk mengembangkan komponen satelit pengintai dan tidak mengidentifikasi roket yang digunakan, tapi Korsel dan AS menyebutnya sebagai uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM). (pia)

MIXADVERT JASAPRO