Rinso Gandeng Anteraja Fasilitasi Pengiriman Pilah Sampah Plastik Gratis

JagatBisnis.com –  PT Unilever Indonesia Tbk melalui Rinso bekerja sama dengan Anteraja dalam memfasilitasi pengiriman sampah plastik yang sudah dipilah masyarakat ke Bank Sampah terdekat secara gratis. Layanan antar jemput ini mencakup berbagai daerah di Indonesia.

“Kami terus berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya pilah plastik yang mana sekarang sudah diubah dari yang ‘Berani Kotor Itu Baik’, jadi ‘Berani Kotor Demi Kebaikan’,” kata Head of Fabric Expert Unilever Indonesia Erfan Hidayat dalam webinar, Selasa (15/3/2022).

Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan pihaknya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik selama tiga tahun terakhir selama 17 persen. Apalagi, setiap kemasan botol deterjen cair produknya telah terbuat dari plastik daur ulang

Baca Juga :   Berbagi Peran dalam Sirkular Ekonomi untuk Jaga Bumi

“Tahun lalu pun kami juga sudah meluncurkan kemasan plastik pouch pertama kali di Indonesia. Bahkan, mungkin di dunia kami juga yang pertama menggunakan plastik daur ulang juga,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, dalam memilah sampah plastik, produsen deterjen tersebut mengeklaim akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menggalakkan refill stations (stasiun isi ulang) mulai dari hulu. Karena, penanganan sampah plastik tak sebatas dari hulu, melainkan tengah hingga ke hilir melalui kerja sama dengan konsumen dan masyarakat luas.

Baca Juga :   Unilever Indonesia Ajak Sudah Dong Susun Panduan Perundungan di Tempat Kerja

“Maka dari itu, kami ingin mengajak teman-teman untuk menjadi yang disebut #GenerasiPilahPlastik yaitu generasi yang lebih peduli lingkungan dan tempat bermain . dalam program ini, kami juga mengajak masyarakat dimulai dari langkah sederhana dengan memilah sampah plastik di rumah yang berdampak luar biasa terhadap lingkungan,” terangnya.

Baca Juga :   Hari Peduli Sampah Nasional 2021: Unilever dan PPIM luncurkan program pemberdayaan untuk 3.000 pemulung Indonesia

Dia menambahkan, sampah plastik yang sudah dipilah oleh masyarakat tersebut harus didaur ulang ke Bank Sampah melalui Anteraja. Maka, setiap sampah plastik yang sudah dipilah lalu dikirimkan melalui Anteraja tidak akan dipungut biaya maupun syarat apapun.

“Kami tidak akan memunggut biaya apapun. Kami juga tidak akan memberikan syarat apapun. Ini benar-benar inisiatif kami membantu menciptakan kebiasaan pilah sampah dan pastikan sampah itu terdaur ulang,” tutupnya. (eva)