Pemindahan IKN Wujudkan Pemerataan Ekonomi

JagatBisnis.com-Persebaran penduduk dan pertumbuhan ekonomi masih terpusat di Jawa, khususnya Jakarta serta Sumatera. Sehingga dalam 30-40 tahun terakhir menjadi salah satu alasan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru ke Kalimantan Timur. Kemudian Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merancang pemindahan IKN dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca Juga :   Pemindahan Kantor Pemerintah ke IKN Nusantara Ditargetkan Selesai Kuartal II/2024

“Beberapa tahun terakhir, kontribusi dari pulau Jawa terhadap perekonomian nasional adalah 58,75 persen. Oleh karena itu, pemindahan IKN ini bertujuan untuk menggeser sentra perekonomian agar terjadi pemerataan ,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Rudy S. Prawiradinata, Minggu (20/2/2022).

Karena itu, lanjut Rudy, pemindahan IKN akan diiringi dengan pengembangan klaster-klaster ekonomi, untuk memicu terjadinya urbanisasi ke Kalimantan Timur. Diperkirakan, pertumbuhan penduduk di IKN sampai 2045 diperkirakan mencapai 1,7-1,9 juta jiwa.

Baca Juga :   Sampel Utama Tanah dan Air Kalteng Diberangkatkan ke IKN

‚ÄúSementara itu, untuk pertumbuhan rata-rata investasi dimIKN Nusantara pada tahun yang sama, ditargetkan mencapai 11,9 persen. Sesangkan, untuk keseluruhan wilayah Kalimantan Timur mencapai 4,2 persen. Sehingga perggerakan ekonomi di IKN nantinya akan ditopang oleh Balikpapan dan Samarinda,” tutup Rudy. (*/esa)