36 Angkutan Feeder Dipersiapkan untuk Urai Kemacetan di Surabaya

JagatBisnis.com – Untuk mengurai kemacetan yang terjadi, Pemkot Surabaya sejauh ini masih konsentrasi melakukan pembenahan pada transportasi berbasis jalan. Yakni, dengan memaksimalkan transportasi publik seperti Suroboyo Bus.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Surabaya Tundjung Iswandaru mengungkapkan, pihaknya masih berfokus untuk menyelesaikan beberapa hal. Termasuk rute per rute. Selain itu, menyediakan feeder sebagai angkutan penghubung. Feeder adalah angkutan yang bertugas mengumpulkan penumpang untuk disalurkan khusus ke angkutan trayek tertentu.

“Dengan feeder, warga terlayani mulai dari rumahnya hingga ke tempat tujuan. Harus tersambung dan connecting dengan bagus,” ujarnya, Senin (17/1).

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Omicron, Surabaya Batasi Jam Operasional Tempat Usaha

Tundjung memastikan bahwa transportasi publik seperti Suroboyo Bus masih menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan saat ini. Apalagi dalam waktu dekat juga akan beroperasi Trans Semanggi Suroboyo. Pelayanan transportasi itu harus dimaksimalkan dan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga :   Ada 2.792 Aset Pemkot Surabaya Belum Bersertifikat

“Warga harus nyaman. Sehingga muaranya nanti mobilitas harus pindah ke angkutan massal,” imbuhnya.

Untuk feeder sendiri, pemkot sedang menyiapkan 36 kendaraan baru sebagai feeder. Kemudian, feeder ber-AC ini akan menghubungkan penumpang dari tempat tinggal dengan halte yang terintegrasi Suroboyo Bus maupun buy the service (BTS).

Baca Juga :   Surabaya Dinobatkan Sebagai Kota Termacet

Dengan semakin nyamannya moda transportasi massal diharapkan akan semakin banyak masyarakat bisa berpindah moda transportasi. Dari yang sebelumnya mengandalkan kendaraan pribadi beralih memanfaatkan kendaraan umum.(pia)

MIXADVERT JASAPRO