Ekbis  

Dorong Ekspor, Bea Cukai Terus Jalin Koordinasi dengan Berbagai Instansi

JagatBisnis.com –   Upaya peningkatan ekspor nasional terus dilakukan pemerintah. Berbagai strategi telah dilakukan, seperti menjaga pasar dan produk utama, mengasistensi pelaku UMKM yang berorientasi ekspor, utilisasi perjanjian dagang, juga implementasi aturan-aturan yang dapat menyederhanakan dan memberi kepastian dalam proses perizinan dan persetujuan ekspor.

Bea Cukai pun telah membuat strategi untuk mendorong ekspor melalui pelaksanaan sosialisasi-sosialisasi fasilitas kepabeanan kepada UMKM untuk menggali potensi ekspor juga menjalin kerja sama dengan dengan berbagai instansi untuk mengasistensi para pelaku UMKM agar dapat melakukan ekspor atas produknya, seperti yang dilakukan Bea Cukai Ambon. Kepala Kantor Bea Cukai Ambon Saut Mulia, pada Jumat (14/01) mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Disperindag Provinsi Maluku, Elvis Patisselano untuk membahas progres kesiapan ekspor PT Kamboti.

“Pada pertemuan yang terselenggara di tanggal 12 Januari 2022, disampaikan laporan perkembangan rencana ekspor dan kendala terkait proses pengambilan sampel untuk uji aflatoksin di Lab Angler Surabaya. Pihak pemerintah provinsi telah berkomunikasi dengan Kepala Dinas Pertanian/ Ketahanan Pangan untuk proses pengambilan simultan dengan perbaikan gudang penyimpanan PT Kamboti berdasarkan hasil audit tim OKKPD Provinsi Maluku. Selanjutnya, kami akan membahas kendala dan perkembangan proses ekspor perdana PT Kamboti yang ditargetkan akan ekspor di akhir bulan Januari,” ungkap Saut.

Baca Juga :   Bea Cukai Kudus Gagalkan Dua Upaya Pengedaran Rokok Ilegal dalam Dua Hari Beruntun

Tak hanya dengan Pemprov Maluku, Bea Cukai Ambon juga menjalin kerja sama dengan Pemprov Sulawesi Utara. Sinergi tersebut dilaksanakan dalam rangka kesiapan dibukanya kembali penerbang jalur ekspor Ambon-Narita via Manado.

Baca Juga :   Sinergi Bea Cukai Lampung, Polda Lampung, dan Polda Aceh Berhasil Gagalkan Peredaran 53,6 Kilogram Narkotika

“Pertemuan kedua pihak tersebut membahas terkait ekspor langsung melalui Manado dengan tujuan Narita Jepang. Selama ini, ekspor komoditas dari Ambon ke Narita Jepang via Manado sudah berjalan, tetapi tidak lancar karena keterbatasan kuantitas produk yang akan diekspor untuk memenuhi kuota minimal ekspor pesawat Garuda. Oleh sebab itu, diperlukan peningkatan kuantitas produk yang akan diekspor sehingga rute ekspor dari Manado menuju Narita lebih lancar dan dapat dilakukan secara berkelanjutan,” jelas Saut.

Baca Juga :   Sukseskan Program PEN, Bea Cukai Kepulauan Riau Terbitkan Izin Pusat Logistik Berikat Tanjung Uban

Dengan diadakannya pertemuan tersebut, ia berharap bukan hanya produk ikan segar dari Ambon yang digalakkan untuk diekspor, tetapi juga produk-produk lainnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO