Tahun 2022, Rute Penerbangan Perintis Ditambah Jadi 244

JagatBisnis.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah rute penerbangab perintis penumpang dari 208 rute menjadi 244 rute pada 2022. Angkutan tersebut dilayani oleh 21 koordinator wilayah (Korwil).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan, selain angkutan penumpang, tahun ini pihaknya juga menyelenggarakan angkutan udara perintis kargo sebanyak 41 rute serta 1 rute subsidi angkutan udara kargo.

“Sebelumnya pada 2021, hanya dilayani 20 Korwil dengan jumlah rute penumpang sebanyak 208 rute penerbangan dan angkutan udara perintis kargo sebanyak 38 rute, serta 1 rute subsidi angkutan udara kargo,” kata Novie dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga :   Soal Mudik Tidak Dilarang, Ini Pesan Menhub

Dia menjelaskan, program Angkutan Udara Perintis ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan konektivitas dan mengatasi persoalan logistik di daerah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (3TP).

“Sehingga program ini dapat meningkatkan konektivitas dan menekan disparitas harga barang di wilayah 3TP, sehingga tidak ada lagi perbedaan harga barang pokok,” ujarnya.

Baca Juga :   Posko Angkutan Mudik Lebaran 2022, Resmi Ditutup

Dia memaparkan, penerbangan perdana angkutan udara perintis baik penumpang maupun kargo 2022 telah dimulai di beberapa Korwil seperti di Bandar Udara Sumenep di Jawa Timur, Bandar Udara Langgur di Maluku, dan Bandar Udara Mozes Kilangin di Mimika Papua. Kemudian, Bandar Udara Gunung Sitoli, Bandar Udara Sibisa di Sumatera Utara, dan Bandar Udara Andi Jemma di Luwu Utara Sulawesi Selatan.

Baca Juga :   Kemenhub Cabut Aturan Pesawat Hanya Diisi 70 Persen Penumpang

“Kami berharap program ini terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah-wilayah dengan akses terbatas dan memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan logistik. Untuk itu, kami ingin masing-masing Korwil dan operator penerbangan yang telah ditetapkan melalui hasil pelelangan, tetap konsisten dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya,” tutup Novie. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO