Ketua DPR Minta Vaksin Booster Harus

JagatBisnis.com – Vaksin adalah kebutuhan dasar rakyat yang merupakan tanggung jawab negara. Oleh karena itu, Ketua DPR Puan Maharani mendorong agar pemerintah memberikan vaksin booster secara gratis kepada masyarakat Indonesia.

“Prinsip yang utama, vaksin booster harus gratis,” tegas Puan, dalam keterangan tertulis, Selasa, (4/1/2022).

Dia menjelaskan, pemerintah berencana menyuntikkan vaksin booster kepada masyarakat umum mulai 12 Januari 2022. Mekanisme pemberian vaksin booster Covid-19 berbasis PBI dan non-PBI. Vaksin booster gratis rencananya akan diberikan kepada masyarakat yang masuk dalam kelompok penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Baca Juga :   DPR Hari Ini Sahkan RUU TPKS Menjadi UU

“Dananya akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sisanya, individu yang ingin mendapatkan vaksin booster harus membayar. Pemerintah belum menetapkan tarif vaksin booster untuk kelompok berbayar,” ujarnya.

Baca Juga :   Anggota DPR Diizinkan Vaksinasi Covid-19 Booster

Puan mengusulkan program vaksin booster berbayar bagi kalangan menengah ke atas bisa menjadi opsi, apabila perekonomian belum bisa menutupi program vaksinasi. DPR berharap pemerintah memperhatikan betul data peserta PBI BPJS Kesehatan, mengingat kelompok masyarakat ini paling sulit mendapatkan akses kesehatan.

Baca Juga :   Jika Efektif Bangun Pencitraan, Elektabilitas Airlangga hingga Puan Bisa Melejit

“Pastikan seluruh rakyat kurang mampu masuk dalam daftar PBI BPJS Kesehatan, baik itu lansia atau golongan umum. Sehingga masyarakat dari kelompok tersebut betul-betul mendapat pelayanan kesehatan, tanpa perlu mengkhawatirkan biaya,” tutup Puan. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO