Warga Diminta Waspada, Satu Sampel Omicron Terdeteksi di Jatim

JagatBisnis.com – Varian baru COVID-19, Omicron sudah terdeteksi di Jatim. Kabar ini dibenarkan oleh Ketua Institute of Tropical Disease (ITD) dan tim peneliti Unair Prof dr Maria Lucia Inge Lusida.

Prof. Inge menuturkan, jika satu Sampel yang terdeteksi dari Surabaya dan pasien telah melakukan perjalanan dari Bali.

“Iya (ada whole genome yang terdeteksi Omicron di Jatim). Satu sudah confirmed. Orang Surabaya, habis perjalanan dari Bali,” kata Prof. Inge Minggu (2/1).

Baca Juga :   Ngeri, Varian Omicron Sudah Singgah di Bandara Changi Singapura

Prof. Inge mengungkapkan, jika pihaknya sudah melaporkan ke Kemenkes terkait satu whole genome yang terdeteksi.

ITD Unair juga rutin melakukan pemeriksanaan pada sampel whole genome dari Jatim. Sebab, pihaknya ditugaskan oleh Kemenkes untuk mengcover seluruh sampel di Jatim.

Baca Juga :   Mayoritas Pasien Omicron Nyeri pada Tenggorokan

“Kita kan biasa rutin melakukan surveillance. Pertama kali mungkin ya ketemu di sini, di Surabaya. Sudah kita laporkan ke Pak Menkes, sudah dilaporkan di databank gisaid,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan, jika selama ini, pihaknya banyak menerima sampel dari beberapa rumah sakit dan labolarotium. Meski demikian, pihaknya menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap hati-hati dan disiplin dalam menjalankan prokes.

Baca Juga :   Antibodi AZD7442 Ternyata Bisa Cegah Omicron

“Tapi harus hati-hati, takutnya menanjak. Rutin datang (sampel), kalau sekarang kasusnya sedikit ya dikit, kasus banyak ya banyak,” pungkasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO