Bandara Juanda Jadi Alternatif Kedatangan dari Luar Negeri

JagatBisnis.com –   Pemerintah tengah memperketat kedatangan masyarakat yang melakukan perjalanan dalam negeri. Salah satunya, menetapkan pintu masuk masyarakat yang melakukan perjalanan luar negeri di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, nantinya, Bandara Juanda jadi alternatif pintu masuk masyarakat dari luar negeri. Saat ini pintu masuk kedatangan WNI atau WNA dari luar negeri hanya berlaku di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sam Ratulangi, Manado.

“Kami terus berkoordinasi dengan cepat. Salah satunya dengan melakukan evaluasi kesiapan Bandara Juanda sebagai alternatif pintu masuk dan pemenuhan kebutuhan logistik seluruh PPLN yang melakukan karantina di wisma,” kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (27/12/2021).

Menurutnya, hal ini dilakukan supaya memudahkan karantina bagi PPLN karena tidak menumpuk semuanya di Jakarta. Oleh karenq itu, berbagai langkah tegas pemerintah dalam mencegah masuknya varian Omicron mampu menjaga kasus Covid-19 pada tingkat yang rendah. Hingga saat ini masih belum terlihat tanda-tanda gelombang baru akibat varian Omicron.

“Tingkat perawatan di rumah sakit dan tingkat kematian juga masih menunjukkan tanda-tanda yang cukup terkendali. Namun, semua pihak tetap harus waspada. Monitoring perkembangan kasus Covid dilakukan secara terus menerus hingga level kabupaten kota dan penegakan protokol kesehatan tetap harus dilakukan oleh seluruh masyarakat,”’ungkapnya.

Dia menjelaskan, pengetatan kegiatan masyarakat akan tetap dilakukan, ketika sudah melebihi threshold (ambang batas) tertentu dengan memerhatikan kasus harian, juga kasus perawatan rumah sakit dan kematian.

“Langkah lockdown di level mikro seperti yang kita lakukan di Wisma Atlet dapat diimplementasikan seandainya transmisi lokal Omicron terdeteksi melalui metode tersebut,” pungkas Luhut. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO