Ekbis  

Tingkatkan Kinerja Pelayanan dan Pengawasan, Bea Cukai Kuatkan Sinergi Antar Instansi

JagatBisnis.com – Sebagai upaya meningkatkan kinerja pelayanan dan pengawasan, Bea Cukai terus memperkuat sinergi dengan berbagai instansi terkait. Kali ini, sinergi dilakukan oleh Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim), dan Bea Cukai Banjarmasin di masing-masing wilayah kerja.

Kanwil Bea Cukai Sulbagsel mengadakan kunjungan ke BNN Provinsi Sulawesi Selatan berdiskusi bersama Kepala Seksi Narkotika dan Barang Larangan Bea Cukai Sulbagsel, Frand Mede Simanjuntak, dan Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Sulsel, Kombes Pol Agustinus Sollu, beserta tim. Hal ini sebagai bentuk komitmen pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Diskusi membahas berbagai hal seputar upaya pemberantasan peredaran narkoba dan efektivitas kerja sama berupa joint operation yang terjalin selama ini dengan memperhatikan batasan kewenangan masing-masing, serta upaya-upaya perbaikan yang dapat dimaksimalkan.

Baca Juga :   Dalami Kembali Aturan Barang Kiriman, Bea Cukai Gencarkan Sosialisasi

“Terima kasih atas support yang sangat maksimal dalam pemberantasan narkotika, khususnya di Sulawesi Selatan. Hasilnya sudah dapat dilihat berupa pengungkapan di bandara hingga jasa kiriman. BNNP Sulsel sangat terpuaskan dengan kerja sama yang terjalin selama ini,” ujar Kombes Pol Agustinus Sollu. Diskusi ini diharapkan dapat terus meningkatkan kompetensi dan sinergi para aparat, khususnya BNN dan Bea Cukai, dalam menyelesaikan persoalan narkotika yang tergolong Extraordinary Crime ini.

Selain itu, diskusi juga dilakukan Bea Cukai Sulbagsel bersama 22 perwakilan instansi yang tergabung dalam Komunitas Maritim Makassar yang digagas oleh Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar.

Baca Juga :   Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bea Cukai Berikan Asistensi Kepada Para Pelaku Usaha

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Nugroho Wahyu Widodo mengtakan “Forum ini terkait penyempurnaan bentuk sinergi yang telah ada serta perencanaan bentuk pengawasan bersama di tahun mendatang, khususnya terkait pengawasan dan pelayanan di wilayah laut perairan.”

Sinergi turut dilakukan Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin, Kurnia Saktiyono bersama Kepala Bidang Pabean Kanwil Bea Cukai Kalbagsel Rudie Bayu Widjatnoko menerima kegiatan kunjungan kerja Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, beserta seluruh Bupati se-Kalimantan Tengah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dan Pelabuhan Taboneo dalam rangka study banding dan melihat secara langsung tatakelola dan pengoperasian Pelabuhan di Wilayah Banjarmasin.

Baca Juga :   Lewat Operasi Pasar Bea Cukai Imbau Pelaku Usaha Jangan Jual Rokok Ilegal

“Diharapkan dengan kegiatan seperti ini, dapat meningkatkan sinergi dengan instansi lainnya khususnya Pemerintah Daerah sehingga dapat meningkatkan kegiatan ekspor impor di wilayah provinsi Kalimantan Tengah,” ujar Kurnia.

Sementara itu, Kepala Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, Sugeng Apriyanto, juga menerima kunjungan dari Kepala SKIPM Palembang, Yoyok Fibrianto dan tim sekaligus menerima penghargaan dari Menteri Kelautan dan Perikanan atas peran serta Bea Cukai dalam penegakan hukum bidang kelautan dan perikanan.

“Sinergi kolaborasi ini akan terus dikembangkan sebagai upaya mendukung program pemulihan ekonomi nasional terutama pemberdayaan UMKM di Sumatera Selatan,” kata Sugeng.(srv)

MIXADVERT JASAPRO