Sarinah dan BRI Kerjasama Tentang Program Sarinah Terpadu

JagatBisnis.com – Untuk meningkatkan keunggulan kewirausahaan UMKM, terutama terkait dengan pemberdayaan perempuan, Sarinah dan BRI menandatangani nota kesepahaman tentang Program Sarinah Terpadu, Kamis (9/12/2021). Kerjasama perdana ini berprinsip untuk memaksimalkan jaringan dan keahlian BRI serta fasilitas yang sudah tersedia khususnya dalam naungan Rumah BUMN (RB).

Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati mengatakan, Rencananya, program ini diluncurkan sebelum akhir tahun 2021. Karena BRI yang memang sudah khatam dengan urusan peningkatan kapasitas peningkatan UMKM sangat bermakna bagi Sarinah yang memang visinya menumbuhkembangkan UMKM dan produk unggulan nasional. Sehingga Produk UMKM itu naik kelas menjadi kualitas ekspor.

“Kami berharapm agar BRI dan UMKM rujukannya dapat bergabung dengan tenant kami yang sudah terkurasi dalam memanfaatkan program ini,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga :   Inovasi BRI Dukung Pembiayaan Berkelanjutan

Dia mengungkapkan, peluncuran perdana program ini adalah salah satu bentuk Transformasi Sarinah dan program unggulan dalam Event Sarinah Jaktent 2021. Program ini merupakan program road to grand launch Sarinah yang dijadwalkan pada bulan Maret Tahun 2022 mendatang.

Baca Juga :   BRI Andalkan Ultra Mikro Jadi Sumber Pertumbuhan Baru

“Sarinah Jaktent 2021 ini telah berlangsung sejak 1 Desember sampai dengan 12 Desember 2021 dan sarat dengan berbagai program literasi, kreativitas serta business matching yang telah dihadiri oleh ratusan stakeholder khususnya dari sektor ekonomi kreatif, retail dan produk artisan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” paparnya.

Sementara itu, Executive Vice President Social Enterpreneurship & Incubation Division BRI, Endah Nurhayati menambahkan, sebagai bank yang akrab dengan UMKM, pihaknya tidak hanya berfungsi sebagai intermediary produk keuangan perbankan, tapi juga memiliki kapasitas yang dapat mendorong UMKM masuk kepasar digital melalui LINK UMKM.

Baca Juga :   Program BRI Menanam Dilaksanakan Bertahap hingga Tahun Depan

Pada kesempatan yang sama, SDGs Practitioner & Slow-fashion Champion, Aparna mengungkapkan, tentang slow fashion, yaitu bagaimana busana ikonik nasional dapat di produksi dan dipasarkan dengan prinsip ramah lingkungan,

Kolaborator Sarinah Pandu, Ermil Thabrani, mengungkapkan apa saja pelayanan dalam Program Sarinah Pandu yang berupa: Pembelajaran, Pendampingan, dan termasuk Menyiapkan UMKM untuk memperoleh proteksi merek dagang. (eva)