IDI: Wabah Varian Omicron, Pemerintah Harus Tutup Penerbangan dari Afrika

JagatBisnis.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta pemerintah untuk melakukan langkah-langkah mitigasi mencegah masuk varian Omicron. Salah satunya dengan menutup penerbangan dari Afrika. Hal itu dilakukan untuk menghindari pengulangan Delta. Apalagi Omicron (B.1.1.529) ini seperti “fitur terbaik” dari Alpha, Beta, Gamma, dan Delta.

Demikian dikatakan Koordinator Penanggulangan Covid-19 IDI, Zubairi Djoerban dikutip dari laman media sosialnya, Sabtu (27/11/2021).

Menurutnya, varian yang pertama kali ditemukan di Afrika tersebut, direspons dengan serius oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) dengan langsung mengadakan pertemuan khusus. Selain itu, negara-negara, seperti Inggris langsung menutup penerbangan dari beberapa negara di Afrika.

Baca Juga :   Corona Melonjak, PTM di DIY Tak Lagi 100 Persen

“Indonesia juga harusnya punya mitigasi seperti itu, termasuk mempertimbangkan untuk membatasi akses penerbangan ke dan dari negara tertentu,” tegas Zubairi.

Baca Juga :   Dua Pasien Indonesia Terpapar Varian Omicron

Dia menjelaskan, seluruh negara di dunia harus berterima kasih kepada ilmuwan di Afrika Selatan. Karena telah transparan dan cekatan mengungkap Omicron ini. Omicron pertama kali ditemukan dari spesimen yang diambil pada 9 November.

Baca Juga :   Masyarakat Diminta Tahan Diri untuk Tak ke Luar Negeri

“Para ahli khawatir banyaknya mutasi dapat berdampak pada perilaku varian. Omicron berpotensi menyusul varian Delta yang mendominasi kasus di Afrika Selatan, meskipun kasus Covid-19 Indonesia terus melandai. Namun, Indonesia wajib waspada dan jangan merasa puas dengan kasus Covid-19 yang terus melandai. (*/eva)