Pentingnya Vaksin Influenza pada Anak Usia di Atas 6 Bulan

Vaksin Influenza

JagatBisnis.com –  Anak merupakan kelompok usia yang rentan tertular flu yang mencapai 20 hingga 30 persen atau lebih tinggi dari orang dewasa yang hanya memiliki peluang 5 hingga 10 persen.

Sebagai langkah pencegahan, vaksinasi flu dianjurkan untuk diberikan kepada anak secara rutin sekali setiap tahun, khususnya di tengah masa pandemi ini. Sebagai informasi, pemberian vaksin flu mampu menurunkan risiko influenza dan komplikasinya pada anak hingga 60 persen.

Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Prof. DR. dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K)., mengatakan, sangat penting untuk mengambil langkah pencegahan agar anak tidak terserang penyakit flu, khususnya di masa pandemi ini, yang memungkinkan terjadinya koinfeksi antara penyakit flu dan COVID-19.

Baca Juga :   Seberapa Efektifkah Usai Divaksin Covid-19, Ini Penjelasan Dokter

“Langkah pencegahan salah satunya dapat dilakukan melalui vaksinasi jika anak sudah berusia di atas enam bulan,” papar Cissy saat temu media virtual, Jakarta, Jumat, (19/11/2021).

Baca Juga :   COVID-19 Varian Delta Plus Lebih Mengkhawatirkan

Mengenai aturan vaksin, anak berusia di bawah sembilan tahun yang belum pernah diberikan vaksin flu perlu diberikan dosis vaksin flu sebanyak dua kali, dengan jeda waktu antara pemberian vaksin pertama dan kedua berjarak satu bulan.

Baca Juga :   Tips Mudah Atasi Rasa Mulas di Pagi Hari

“Sedangkan untuk anak di atas usia sembilan tahun, pemberian vaksin flu harus dilakukan secara rutin setiap satu tahun sekali,” tambahnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO