Peneliti Sebut Kombinasi Vaksin Baru Bisa Hentikan Penyebaran 2 Varian

JagatBisnis.com  –   Baru-baru ini para peneliti mengungkap vaksin baru dapat mengatasi semua virus pernafasan termasuk varian COVID-19. Para peneliti mengatakan, kombinasi vaksin baru dapat berarti, virus-virus ini dapat dihilangkan sejak awal, membantu menghentikan penyebaran yang cepat seperti varian Delta dan Beta Covid.

Sebagai bagian dari penelitian yang diterbitkan di Nature, peneliti menemukan paparan masa lalu terhadap virus corona lain dapat mempercepat pembersihan COVID-19. Untuk mencegah penyebaran virus di antara populasi, para ahli mengatakan vaksin masa depan harus bertujuan untuk menginduksi respons imun terhadap protein spesifik yang penting untuk tahap awal siklus virus.

Suntikan yang mengaktifkan sel memori kekebalan, yang dikenal sebagai sel T dapat membantu menghilangkan virus di awal karena mereka akan menyerang sel yang terinfeksi dari offset. Perkembangan ini dapat melengkapi vaksin COVID-19 yang saat ini sedang diluncurkan di seluruh Inggris. Ini akan membantu melindungi terhadap virus corona hewan, serta COVID-19 dan flu biasa.

Baca Juga :   Kurang Pahamnya Soal Cara Kerja Vaksin COVID-19

Dilansir dari laman The Sun, para ahli di UCL dan St Bartholomew’s menganalisis respons kekebalan petugas kesehatan yang berbasis di London sejak awal gelombang pertama pandemi di Inggris. Alih-alih menghindari infeksi sepenuhnya, sebagian petugas kesehatan tampaknya mengalami infeksi tingkat rendah (abortif) sementara, yang tidak dapat dideteksi dengan tes rutin.

Tetapi itu menghasilkan sel T khusus untuk COVID, kompatibel dengan ini, individu yang sama juga memiliki peningkatan penanda darah lain dari infeksi virus. Penulis senior dari Divisi Infeksi & Kekebalan UCL, Profesor Mala Maini mengatakan penelitian menunjukkan, orang yang secara alami menolak infeksi Sars-CoV-2 yang terdeteksi menghasilkan sel T memori yang menargetkan sel terinfeksi yang mengekspresikan protein replikasi, bagian dari mesin internal virus.

Baca Juga :   Sulawesi Utara Maksimalkan Capaian Target Vaksinasi COVID-19

“Protein ini umum untuk semua virus corona dan tetap ‘sangat lestari’, sehingga tidak mungkin berubah atau bermutasi. Vaksin yang dapat menginduksi sel T untuk mengenali dan menargetkan sel yang terinfeksi yang mengekspresikan protein ini, penting untuk keberhasilan virus, akan lebih efektif dalam menghilangkan Sars-CoV-2 awal, dan mungkin memiliki manfaat tambahan bahwa mereka juga mengenali virus corona lain yang saat ini menginfeksi manusia atau yang bisa di masa depan,” kata Profesor Mala Maini.

Mala menjelaskan, sel T yang mengenali mesin replikasi virus akan memberikan lapisan perlindungan tambahan yang diberikan oleh kekebalan yang berfokus pada lonjakan yang dihasilkan oleh vaksin saat ini yang sudah sangat manjur. Hentikan di jalurnya Photo : Health Europa Ilustrasi obat COVID-19. Mala mengungkap vaksin aksi ganda ini akan memberikan lebih banyak fleksibilitas terhadap mutasi, dan karena sel T dapat bertahan sangat lama, juga dapat memberikan kekebalan yang bertahan lebih lama.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 di Aceh Melonjak Lagi

“Dengan memperluas sel T yang sudah ada sebelumnya, vaksin semacam itu dapat membantu menghentikan virus di jalurnya pada tahap yang sangat awal,” kata dia. Untuk diketahui, penelitian ini didanai oleh National Institute for Health Research dan UK Research and Innovation’s UK Coronavirus Immunology Consortium dan penulis utama, Dr Leo Swadling, dari UCL Division of Infection & Immunity mengatakan penelitian ini menjelaskan bagaimana orang terinfeksi.

“Petugas kesehatan yang mampu mengendalikan virus sebelum terdeteksi lebih mungkin memiliki sel T yang mengenali mesin internal sebelum dimulainya pandemi. Paparan flu biasa sebelumnya mungkin telah memberi orang-orang ini langkah awal melawan virus, memberi keseimbangan yang mendukung sistem kekebalan mereka menghilangkan virus sebelum bisa mulai bereplikasi,” kata Mala.(pia)

MIXADVERT JASAPRO